7 Dampak Buruk Kecanduan Bermain Game

by
November 26th, 2012 at 2:46 pm

CiriCara.com – Bermain video game ataupun game online memiliki dampak baik dan buruk. Dampak buruk hanya akan dirasakan jika seseorang sudah mulai kecanduan untuk menghabiskan banyak waktu bermain game, sampai-sampai lupa makan, mandi, dan lain-lain.

Sudah tidak heran lagi kalau banyak korban tewas akibat terlalu lama bermain game. Bahkan, ada pemuda yang niat memecahkan rekor dunia hingga bermain game Call of Duty sampai 5 stengah hari.

Tahukah kamu, bahwa banyak dampak buruk lainnya yang disebabkan oleh terlalu lama bermain game.

Berikut adalah beberapa efek negatif dan gangguan kesehatan yang diderita oleh beberapa pencandu game:

1. Kematian

Oddee

Hal ini merupakan dampak paling fatal dalam kasus kecanduan video game. Orang yang sangat kecanduan bermain game, rela meninggalkan segala pekerjaan atau kegiatan sehari-hari, hanya untuk bermain game. Bahkan, mereka bisa lupa tidur, makan, mandi, dan lainnya, demi menamatkan satu game kesukaan. Bagaimana dengan kamu?

2. Kecanduan

Sama halnya dengan obat-obatan terlarang/narkoba. Game juga mampu membuat para penggunanya kecanduan. Jika sudah kecanduan, mereka menjadi seperti orang yang tidak dapat melepaskan diri dari game apapun. Mereka akan selalu mengikuti perkembangan dunia game, dan tidak bisa, tidak memainkan game terbaru. Kecanduan inilah yang dapat mengakibatkan berbagai dampak buruk.

3. Kejang

Oddee

Memang tidak ada penelitian yang menjabarkan hubungan secara langsung bahwa terlalu lama bermain game dapat mengakibatkan kejang. Tapi, penelitian terhadap penderita ayan menyatakan bahwa kilatan cahaya yang dihasilkan pada game, ditambah lagi pola gerakan karakter-karakter dalam game tersebut mampu menstimulasi kejang-kejang.

4. Penglihatan

Oddee

Masalah penglihatan juga menjadi masalah yang sering dialami oleh para pencandu game. Akibat terlalu lama menghabiskan waktu berada di depan layar komputer maupun televisi, kemampuan jarak pandang mata juga akan berkurang karena banyak saraf yang terlalu tegang saat bermain game. Tanpa sadar mata kamu sama sekali tidak berkedip saat bermain game, hal inilah yang membuat kerusakan pada saraf-saraf mata, yang akhirnya mempengaruhi jarak pandang mata kamu.

5. Migrain

Bermain game menuntut seseorang untuk berdiam diri sambil memandang ke layar dengan cahaya yang cukup terang serta memperhatikan gambar grafis dalam waktu yang cukup lama. Otot-otot mata yang dipaksa untuk melakukan hal-hal itu secara terus-menerus, juga memaksa otak untuk lebih berkonsentrasi. Hal tersebut memicu jaringan-jaringan pada saraf otak menjadi sangat tegang. Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang dalam intensitas waktu yang cukup sering, maka penyakit migrain pun akan menyerang si gamer.

6. Pembengkakan ibu jari

Oddee

Bermain playstation atau game lainnya yang menggunakan joystick, akan membuat jempol/ibu jari kamu menjadi bengkak seperti pada gambar tersebut. Gesekan dan tekanan yang diberikan pada ibu jari saat menekan tombol-tombol pada joystick pasti dipengaruhi oleh emosi dan semangat untuk memenangkan game, jadi pembengkakan pada jempol seperti gambar tersebut sangat mungkin dialami oleh para pecandu game.

7. Perilaku agresif

Anak-anak maupun orang dewasa yang hobi bermain game perang atau game kekerasan lainnya, diyakini akan memiliki fantasi dan perilaku yang lebih agresif. Selain itu, mereka juga akan mengalami kesulitan saat harus berinteraksi dengan orang lain, cepat marah, dan emosional.

Itulah 7 dampak buruk yang dapat terjadi jika seseorang kecanduan bermain game hingga menghabiskan banyak waktu hanya untuk bermain game. (yk)

Oddee

Comment di sini