Cara Efektif Jokowi Atasi Banjir Jakarta

by
November 26th, 2012 at 11:46 am

Jakarta (CiriCara.com) – Walaupun belum genap 100 hari Joko Widodo atau Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, sejuta persoalan mendesak harus segera ia selesaikan termasuk persoalan banjir yang sudah melanda sebagian besar wilayah Ibukota.

Bagaimana cara Jokowi mengatasi masalah banjir di musim penghujan yang tidak bisa ditunda lagi kedatangannya ini?

Dilansir dari Kompas.com, saat mengunjungi lokasi banjir di Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu 25 November 2012, Jokowi mengungkapkan sejumlah cara efektif yang akan segera dilakukan oleh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Rima News

“Menyiapkan perahu karet dan logistik, agar distribusi bagi warga yang memerlukan berjalan. Semua harus siap siaga. Dinas Kesehatan siap,”¬†katanya di sela-sela kunjungan seperti dikutip oleh Kompas.com.

Menurutnya, ini adalah langkah pendek yang akan ditempuh oleh pihaknya. Langkah pendek ini diambil karena Jokowi belum mampu mengatasi masalah yang secara garis besar adalah ‘peninggalan’ para pendahulunya. Karena itu, ia perlu waktu untuk mengatasi masalah banjir di Ibukota dalam jangka panjang.

Sedangkan proses evakuasi menurut Jokowi telah dilakukan sesuai dengan kemauan warga. Warga boleh tinggal di rumah jika masih menganggap banjir tidak terlalu membahayakan. Namun jika kondisi banjir mulai mencemaskan, pihaknya akan melakukan evakuasi.

Pihak Pemprov DKI Jakarta juga akan tetap siaga untuk menghadapi situasi apapun. Sedangkan untuk langkah jangka panjang, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan normalisasi sejumlah sungai termasuk Kali Pesanggrahan.

Menurut mantan Walikota Solo ini, normalisasi Kali Pesanggrahan sudah dilakukan namun terkendala hujan sehingga harus diberhentikan dulu.

Intensitas hujan yang meningkat telah menyebabkan hampir 60 daerah di Ibukota terendam air. Lebih dari 5.000 jiwa terkena imbas banjir. Ketinggian air yang masih berubah-ubah membuat warga Jakarta harus mengungsi ke beberapa posko yang disediakan. (RN)

Comment di sini