CiriCara: 5 Ciri Khas Film Horor Indonesia

by
November 26th, 2012 at 10:05 am

CiriCara.com – Beberapa tahun belakangan, film Indonesia kembali menggeliat, ditandai dengan dibanjirinya bioskop-bioskop oleh film-film buatan dalam negeri.

Tapi, dari sebagian besar film yang nangkring di bioskop, film horor lebih banyak mendominasi pasar ketimbang film bergenre lain. Namun film horor di Indonesia bukanlah sekadar film yang menyajikan adegan-adegan menyeramkan yang membuat buku kuduk berdiri.

Film horor Indonesia seringnya dibumbui oleh aroma komedi sehingga genre yang dibawa sesungguhnya adalah horor komedi. Berikut adalah ciri khas film horor Indonesia:

1. Hantu cewek

Sebagian besar film horor Indonesia menampilkan sosok cewek sebagai hantu yang menyeramkan, sekaligus seksi. Aktris yang membintangi film horor Indonesia pun bisa dibilang itu-itu saja. Sebagian besar aktris film horor Indonesia berangkat dari dunia tarik suara atau model, bukan teater atau layar lebar. Banyak di antara mereka yang melakukan debutnya di dunia film Indonesia lewat penampilannya di film-film horor itu.

2. Cewek seksi

Bumbu berupa cewek seksi di dalam suatu film memang menarik bagi kaum lelaki. Banyak sutradara dan produser film horor Indonesia yang tahu betul hal ini. Maka, tidak heran banyak film horor yang menampilkan cewek berbusana minim, beradegan mandi, dan bahkan beradegan ranjang. Dan semua film itu dianggap tidak melanggar aturan Lembaga Sensor Film Indonesia.

 3. Alur gampang ditebak

Sepertinya kebanyakan sutradara film horor Indonesia tidak begitu suka alur yang rumit, atau film yang berakhir twisted. Sebagian film horor Indonesia beralur lempeng dengan konflik nanggung dan ending yang tidak jelas.

 4. Hantu buruk rupa

Mungkin, definisi horor bagi sebagian besar penggelut industri film horor Indonesia adalah buruk rupa. Oleh karena itu, keseraman yang disajikan kepada penonton kebanyakan dihasilkan lewat penampilan hantu buruk rupa yang sering muncul tiba-tiba. Berbeda dengan film horor Jepang atau Thailand yang sering menampilkan hantu dengan wajah yang benar-benar menyeramkan tanpa harus menampilkan bopeng dan darah di wajah.

 5. Judul sekenanya

Sebagian besar judul film horor Indonesia menggunakan bahasa nonformal dan terkesan nyeleneh. Apa yang ada di dalam pikiran penggemar film ketika mendengar judul film Pocong Mandi Goyang Pinggul? Atau Pelukan Janda Hantu Gerondong? Atau Setan Budeg?

Tapi tidak semua film horor Indonesia memiliki kelima ciri di atas. Ada pula film horor yang mampu berbicara lebih di dunia perfilman nasional, bahkan internasional. Film Rumah Dara yang bergenre horor jagal menuai banyak pujian. Shareefa Daanish berhasil menyabet gelar Aktris Terbaik di ajang Independent Film Award untuk perannya sebagai Dara di film ini.

Ada pula film Jelangkung yang tayang pada 2001. Film karya Rizal Mantovani dan Jose Purnomo ini dianggap sebagai pembuka jalan film-film horor lain yang menyerbu bioskop Indonesia karena kesuksesannya.

(hp)

Comment di sini