CiriCara: Cara Agar Tak Terkantuk-kantuk di Pagi Hari

by
November 26th, 2012 at 10:51 am

CiriCara.com – Rasa kantuk bisa saja datang di pagi hari, apalagi jika Anda begadang untuk menyelesaikan tugas hingga larut malam. Rasa kantuk yang datang di pagi hari membuat Anda jadi malas beraktivitas dan menjadi tidak fokus untuk bekerja. Untuk itu, sebisa mungkin minimalkan aktivitas di malam hari agar tidak merasa lelah pada harinya.

Menciptakan tidur yang berkualitas pada malam harinya bisa membuat Anda lebih bersemangat untuk beraktivitas di pagi hari. Bukan hanya itu, ternyata masih ada hal lain yang perlu Anda lakukan agar bisa lebih bersemangat dan tidak merasakan kantuk pada pagi harinya. Apa saja? Dilansir Readersdigest.co.id, inilah 6 cara yang bisa Anda lakukan agar tidak merasakan kantuk pada pagi hari:

1. Persiapkan keperluan pada malam hari

Agar pagi hari Anda lebih santai, persiapkan dan putuskan segala sesuatu yang Anda pelukan di pagi hari sejak malam. Misalnya, menyiapkan pakaian yang akan dikenakan, memikirkan sarapan dengan apa, memikirkan jalan mana yang akan ditempuh untuk pergi bekerja, dan hal lain lainnya.

2. Membiarkan sinar matahari masuk ke kamar

Biarkan tirai kamar Anda sedikit terbuka ketika akan pergi tidur. Tujuannya adalah agar pada pagi harinya sinar matahari bisa masuk dan Anda bisa segera bangun dari tempat tidur. Terkena sinar matahari pada pagi hari akan meningkatkan produksi adrenalin. Selain itu, tidurlah lebih awal sehingga ketika sinar matahari membangunkan Anda, waktu tidur telah mencapai 7 jam.

3. Menyetel alarm 15 menit lebih awal

Menyetel alarm 15 menit lebih awal akan membuat Anda tidak merasa tergesa-gesa pada pagi harinya. Anda tidak perlu tergesa-gesa bangun dari tempat tidur karena terlambat memulai rutinitas di pagi hari. Selain itu, dengan menyetel alarm 15 menit lebih awal juga membuat fisik dan mental Anda siap menjalani hari dengan penuh semangat.

4. Melakukan peregangan tubuh

Pada saat Anda sudah mulai tersadar, cobalah untuk meregangkan tubuh selama kurang lebih 15 menit di tempat tidur. Caranya, angkat lengan Anda dan mulailah dengan meregangkan jari-jari, tangan, pergelangan tangan, dan lengan. Lalu, lanjutkan ke bagian tubuh lain, seperti jari kaki, kaki, dan pergelangan kaki. Setelah itu, akhiri dengan peregangan leher dan punggung agar Anda bisa segera bangun dari tempat tidur. Dengan melakukan peregangan tubuh setelah bangun tidur bisa meningkatkan darah ke seluruh tubuh agar seluruh jaringan mendapatkan oksigen dan Anda siap beraktivitas.

5. Meminum vitamin A

Meminum vitamin A pada pagi hari bisa membuat Anda lebih bersemangat dan menjalani hari dengan penuh energi. Untuk mendapatkan vitamin A, Anda bisa meminum segelas jus buah yang mengandung vitamin A, seperti apel, pisang, pepaya, wortel, dan sayur-mayur atau buah-buahan yang mengandung vitamin A lainnya.

6. Menyeduh kopi

Kafein dalam kopi merupakan stimulan sistem saraf pusat yang merangsang amfetamin sehingga membangunkan Anda dan meningkatkan aktivitas otot. Sebuah studi menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kebahagiaan, ketenangan, dan lebih waspada.

Itulah 6 cara yang bisa Anda lakukan agar tidak merasakan kantuk pada pagi harinya. Rasa kantuk yang datang di pagi hari sebaiknya harus segera diusir agar Anda bisa lebih bersemangat dan kembali fokus melakukan berbagai aktivitas. (NR)

Comment di sini