CiriCara: Cara Cerdas Memanfaatkan Koran Bekas

by
November 26th, 2012 at 1:34 pm

CiriCara.com – Surat kabar, majalah, atau beberapa kertas pekerjaan yang sudah tidak terpakai jika didiamkan begitu saja tentunya akan membuat tempat jadi sempit dan menjadi sarang nyamuk saja. Untuk itu, biasanya beberapa orang lebih memilih membuangnya.

Padahal, ada cara yang sederhana dan bermanfaat agar koran bekas menjadi bermanfaat dalam kehidupan rumah tangga. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mengelola atau mendaur ulang kertas bekas tersebut. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mendaur ulang kertas bekas agar lebih bermanfaat, maka simak paparan berikut ini yang dicuplik dari Boldsky.com:

1. Membersihkan kaca

Peralatan rumah yang berbahan kaca paling baik jika dibersihkan menggunakan kertas. Kertas surat kabar merupakan pembersih terbaik bagi kaca berwarna. Caranya, dengan merendam kertas di air lalu bersihkan kaca. Setelah dibersihkan dengan kertas koran, Anda bisa mengeringkan dengan kain agar hasilnya lebih mengkilap.

2. Penutup rak

Kertas bekas sangat bermanfaat untuk melindungi rak dari kotoran dan kerusakan. Anda bisa memanfaatkan kertas bekas untuk menutupi rak buku, pakaian, sepatu, dan rak lainnya agar tetap bersih dan terhindar dari debu.

3. Dekorasi rumah

Pakailah ide ktreatif Anda untuk mengelola kertas berkas jadi hal yang bermanfaat, seperi mendekorasi rumah. Anda bisa membuat kerajinan tangan dari kertas yang sudah tidak terpakai. Anda bisa mempelajari hal tersebut darti situs internet, seperti YouTube.

4. Mainan

Anda juga bisa memanfaatkan kertas koran bekas untuk menyenangkan si buah hati. Dengan kertas koran yang sudah tidak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat mainan, seperti pesawat-pesawatan, dibentuk menyerupai hewan, dan lain sebagainya.

5. Menjaga kesegaran sayuran

Kesegaran sayuran bisa tetap terjaga jika dibungkus oleh kertas koran. Selain sayuran, kertas juga bisa digunakan untuk membungkus roti agar bisa tahan lama.

6. Pembungkus bibit tanaman

Kertas bekas bisa dijadikan untuk pembungkus bibit tanaman sebagai petanda apaka bibit tersebut berbuah atau tidak. Setelah dibungkus kertas, Anda bisa mendiamkannya selama dua minggu lalu periksa kembali tanaman tersebut.

7. Mencegah peralatan besi dari karatan

Kertas dapat menyerap embun yang dihasilkan setelah peralatan besi dicuci. Dengan menggunakan kertas, Anda sudah melakukan pencegahan agar peralatan besi itu tidak karatan.

8. Dijadikan tas

Selain untuk dibuat mainan, koran bekas juga bisa Anda jadikan sebagai tas. Anda bisa mengubahnya menjadi tas yang unik untuk bisa dibawa ke pasar atau meletakkan barang-barang ringan. Buatlah tas dari koran tersebut agar tetap kuat.

Itulah cara mengelola koran bekas yang bisa Anda ketahui. Dengan memanfaatkan koran bekas, Anda berarti sudah menyelamatkan bumi kita. Jika Anda memiliki ide kreatif, maka olahlah koran bekas itu menjadi suatu barang yang bisa dipergunakan untuk orang banyak. (NR)

Comment di sini