CiriCara: Cara Mempromosikan Produk Lewat Media Sosial

by
November 26th, 2012 at 1:11 pm

CiriCara.com – Media sosial sangatlah berperan penting dalam bidang marketing dan promosi sebuah brand atau merek produk suatu perusahaan. Media sosial menjelma sebagai media publikasi yang mempunyai andil besar dalam mempromosikan sebuah produk.

Selain menggunakan media publikasi  konvensional, banyak perusahaan menggunakan media sosial yang juga mempunyai kekuatan yang sama atau bahkan lebih di dalam mempublikasikan sebuah produk. Ini semua bisa terjadi karena media sosial sudah menjadi gaya hidup dan kebutuhan sendiri di kalangan masyarakat modern.

Nah, lantas bagaimana tips dan triknya dalam menggunakan media sosial untuk promosi produk agar dikenal banyak orang di dunia maya. Pada kesempatan ini CiriCara.com sudah merangkumnya untuk Anda :

1. Perbarui konten secara berkala

Konten media  sosial yang Anda jadikan sebagai media promosi dan publikasi haruslah konsisten dalam hal pembaruan isi. Ini menjadi penting karena konten yang Anda sebarkan haruslah bisa up to date dengan keadaan hari ini terutama dengan permintaan pasar dan pengguna. Anda sebagai pengelola harus paham dan peka terhadap itu semua, jangan sampai Anda menawarkan sesuatu hal yang sudah kedaluwarsa.

2. Memberikan respon dengan cepat

Respon bisa menjadi pencitraan baik untuk produk yang dipromosikan di media sosial. Respon disini bisa diartikan sebagai bentuk komunikasi yang cepat dari pengelola terhadap user atau pengguna. Dengan respon yang cepat, pengguna yang mengikuti Anda akan merasa dihargai dengan interaksi yang Anda berikan. Jangan sampai memberikan respon yang lambat karena konsumen tidak suka menunggu.

3. Membangun relasi

Setelah Anda sudah membuat halaman khusus di Facebook atau Twitter, usahakan untu merawat, mengisi konten yang dibutuhkan dan sering-seringlah berinteraksi dengan penghuni dari media sosial yang Anda gunakan tersebut. Lewat interaksi tersebut, Anda bisa mencuri perhatian untuk membangun relasi yang lebih besar dengan para pengguna lainnya. Tanpa disadari pula Anda sudah menyambungkan rantai relasi antara Anda sebagai pengelola dan pengguna lain.

4. Promosi dua arah

Bila ada pihak lain yang menawarkan promosi lewat halaman Anda, jangan langsung menolaknya mentah-mentah. Lihat reputasi badan/perusahaan yang menawarkan promosi tersebut. Bila reputasi mereka sama atau bahkan lebih tinggi daripada produk yang kamu pasarkan, jangan ragu untuk mengajak kerjasama lewat promosi dua arah. Biarkan mereka berpromosi di halaman Anda, tapi sebagai gantinya, promosikan juga diri Anda di halamannya.

Itulah 4 teknik yang bisa Anda pergunakan dalam promosi produk di media sosial. Semoga Anda bisa terbantu dengan tips dan trik yang dihadirkan oleh CiriCara.com ini. (AD)

Comment di sini