CiriCara: Cara Menghilangkan Lemak Pada Daging Bebek

by
November 26th, 2012 at 3:23 pm

CiriCara.com – Daging bebek kini sudah cukup populer dalam dunia kuliner. Para pencintanya pun saat ini sudah sangat banyak sama halnya seperti pencinta daging ayam. Daging bebek memang memiliki rasa yang gurih dan nikmat, apalagi jika dicocol dengan sambal. Namun sayangnya, daging bebek memiliki kandungan lemak dan kolesterol tinggi.

Dilasir Tribunnews.com, Chef Rendy Kongs, Excecutive Chef Warung Bebek Yu’ Tien mengatakan bahwa kadar lemak dan kolesterol bebek memang lebih inggi daripada ayam. Jika ingin mengolahnya, Anda perlu menghilangkan dahulu lemaknya sebelum dimasak.

Beberapa orang mengatakan bahwa sangat sulit untuk menghilangkan lemak yang ada pada daging bebek karena letaknya tepat berada di bawah kulit. Saat proses pemotongan kulit untuk menghilangkan lemaknya, tampilan daging bebek malah menjadi rusak. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lemak pada daging bebek tersebut. Bagaimana caranya? Dilansir sumber yang sama, Chef Rendy memberikan tipsnya untuk Anda:

1. Merebusnya dengan metode slow cooking

Setelah bebek dibersihkan dari  bulu-bulunya, Anda bisa merebus dalam air dingin selama 2-3 jam dengan ditambahkan bumbu rempah. Rebus dengan metode slow cooking dan api kecil agar membantu mengeluarkan lemak dan minyak dari kulit bebek.

2. Memberikan bumbu rempah

Saat merebusnya bersama air, Anda harus menambahkan bumbu rempah, seperti daun salam. Memberikan bumbu rempah saat proses perebusan tujuannya adalah agar daging bebek tidak berbau amis.

3. Memasukkan ke dalam lemari es

Setelah direbus bersama bumbu rempah selama kurang lebih 3 jam, daging bebek biasanya sudah empuk dan minyaknya pun keluar. Matikan kompor, lalu diamkan beberapa menit hingga suhunya kembali normal. Setela itu, Anda bisa memasukkan daging bebek bersama air rebusannya ke dalam lemari es. Diamkan selama 1 jam agar lemak bebek menggumpal dan mengapung di atas air rebusan. Dengan begitu, Anda bisa membuang gumpalan lemaknya dan daging bebek yang empuk dan sedikit lemak itu sudah bisa Anda kelola.

Alangkah baiknya untuk mengonsumsi daging bebek yang memiliki sedikit lemak. Dengan begitu, berat badan Anda tidak akan naik dan kolesterol dalam tubuh pun tidak akan meningkat. (NR)

Comment di sini