CiriCara: Cara Tepat Mengatasi Konflik Keluarga

by

CiriCara.com – Dalam sebuah keluarga, terkadang sering terjadi konflik antar anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya. Konflik tersebut bisa saja terjadi karena kesalahpahaman, perbedaan pandangan, perbedaan usia, dan lain sebagainya.

Diperlukan komunikasi yang sehat untuk mengatasi konflik yang terjadi dalam keluarga. Komunikasi yang sehat itu mencakup beberapa unsur, antara lain keterbukaan, kedewasaan, ketenangan, tidak menghakimi, bersikap tenang, dan mencari solusi yang terbaik bagi semua pihak.

Namun, sebagai seorang anak Anda juga berperan untuk bisa menyelesaikan konflik yang terjadi dalam keluarga. Dilansir Allwomenstalk.com, inilah 8 cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan konflik yang terjadi:

1. Jangan melibatkan orang lain

Beberapa anggota keluarga akan melemparkan tanggung jawabnya kepada mediator untuk menenangkan masalah keluarga. Padahal jika hal tersebut dilakukan malah akan memperkeruh suasana dan menyebabkan posisi Anda tudak dipercaya oleh anggota keluarga lainnya. Alangkah baiknya untuk mengakui pendapat Anda mengenai solusi permasalahan yang terjadi dalam keluarga.

2. Jujur

Saat sedang mengalami konflik dalam keluarga, Anda disarankan untuk selalu berkata jujur. Kejujuran mungkin tidak dihargai oleh anggota keluarga lainnya, tapi bisa meredakan stres dalam menyembunyikan perasaan Anda. Selain itu, berkata jujur juga membuat anggota keluarga menjadi tahu apa yang diinginkan.

3. Melakukan pendekatan personal

Saat terjadi konflik, Anda juga perlu melakukan pendekatan personal kepada anggota keluarga. Anda harus menerapkan metode yang berbeda untuk setiap orang jika sedang melakukan pendekatan demi mendpatkan solusi yang tepat. Mungkin saja adik atau kakak Anda kurang akur dengan ibu atau ayah. Jika Anda bisa melakukan pendekatan dengan mereka, maka konflik keluarga pun akan segera reda.

4. Berani mengutarakan pendapat

Selain berkata jujur, Anda pun harus berani mengutarakan pendapat. Jangan menyembunyikan seseuatu yag Anda pikirkan agar permasalahan dapat segera terselesaikan.

5. Jangan jadi terintimidasi

Anggota keluarga sering menggunakan pemerasan emosional ketika terjadi perbedaan pendapat. Untuk itu, cobalah untuk tetap mempertahankan posisi dan pendapat Anda tanpa perlu menyakiti perasaan anggota keluarga lainnya.

6. Tawarkan solusi

Saat terjebak dalam sebuah konflik, seseorang terkadang tidak bisa mencari solusinya. Untuk itu, Anda bisa memberikan saran kepada mereka agar konflik dalam keluarga itu segera diselesaikan dengan baik tanpa ada yang merasa tersakiti.

7. Memberi jarak

Beberapa masalah keluarga tidak dapat diselesaikan karena ada pihak yang selalu merasa dirinya benar dan keras kepala. Jika ada salah satu anggota keluarga yang bersikap seperti itu, maka Anda perlu memberi jarak. Biarkan dia diam dahulu dalam beberapa hari hingga emosinya reda.

8. Diplomasi

Mengambil pendekatan diplomatik merupakan metode terbaik untuk mengatasi perbedaan pendapat keluarga. Tak semua orang menghargai kejujuran dan menganggapnya sebagai kritik pribadi. Jika Anda dikelililingi oleh orang-orang yang sensitif, maka pendapat terbaik disajikan secara diplomatis.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan konflik yang terjadi dalam keluarga. Konflik yang terjadi dalam sebuah keluarga harus segera diselesaikan dengan cara yang baik. Berada dalam sebuah keluarga yang harmonis bisa membuat Anda senang, bukan? (NR)


comments powered by Disqus