Rochi: Pemain Naturalisasi, Kulit Bule Tapi Mental Tempe

by
November 26th, 2012 at 3:51 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Performa dua pemain naturalisasi, Raphael Maitimo dan Toni Cusell pada laga perdana di Piala AFF 2012 mengundang banyak kritik. Pasalnya, kedua pemain berkulit bule ini tidak mampu memberikan permainan terbaik mereka. Padahal mereka pernah bermain di Eropa.

Tempo.co

Salah satu kritikan datang dari Rochi Putiray, mantan pemain tim nasional Indonesia. Menurutnya, Raphael Maitimo dan Toni Cusell hanya berkulit bule saja, namun bermental tempe. Ia menilai pemain naturalisasi itu tidak memberikan perubahan berarti di kubu timnas Indonesia.

“Para pemain naturalisasi yang saya lihat hanya modal kulit bule saja, tapi mental tempe. Mereka kan punya pengalaman main di Eropa, harusnya bisa menularkan ke pemain lainnya. Mereka di pertandingan kemarin tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujar Rochi, seperti dikutip dari Inilah.com, Senin (26/11/2012).

Meskipun demikian, Rochi menilai Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF 2012. Menurutnya, pelatih Nil Maizar harus melakukan perubahan pada tim yang ada sekarang. Walaupun waktunya singkat, Rochi percaya Nil mampu melakukannya.

“Peluangnya kecil, tapi saya masih percaya kok (timnas Indonesia lolos). Kita masih punya kans lolos ke semifinal. Pelatih Nil Maizar masih punya waktu untuk memperbaiki dan melakukan evaluasi,” kata Rochi.

Sebelumnya, Indonesia hanya bisa bermain imbang 2-2 dengan Laos pada pertandingan Minggu (25/11/2012) kemarin. Saat ini Indonesia berada di posisi kedua klasemen dengan 1 poin. Puncak klasemen Grup B dipegang oleh Singapura dengan 3 poin, setelah berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor telak.

Pada pertandingan berikutnya, 28 November 2012, timnas Indonesia akan bertanding melawan Singapura. Kemudian pada pertandingan berikutnya, Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Malaysia yang juga merupakan juara bertahan Piala AFF tahun lalu.

(YG)

Comment di sini