Unik, Pulau Sandy Hanya Muncul di Peta

by
November 26th, 2012 at 9:22 am

CiriCara.comGoogle Maps dikabarkan menangkap keberadaan sebuah pulau baru yang diberi nama Pulau Sandy di sebelah selatan Samudra Pasifik.

Uniknya, para ilmuan Australia mengatakan bahwa pulau tersebut tidak ada. Mereka tidak melihat keberadaan pulau tersebut dalam grafik yang lain pada peta perairan Samudra Pasifik.

CNN.com melaporkan bahwa peta navigasi kapal tim peneliti dari Universitas Sydney, tidak menangkap keberadaan pulau Sandy atau yang disebut juga pulau Sable oleh peta lainnya. Pulau tersebut tidak ada di posisi yang digambarkan pada Google Maps.

Ketika para peneliti tidak menemukan letak pulau Sandy tersebut di Samudra Pasifik, mereka berlayar lebih jauh lagi. Tetapi mereka hanya melihat laut biru yang dalam. Apakah pulau Sandy itu benar-benar ada?

Jika dilihat dari pemetaan satelit milik Google, pulau Sandy ini hanya tampak seperti gumpalan massa berwarna gelap, tapi hingga hari Sabtu (24/11/12) pagi, pulau itu masih tampak di Google Maps. Jika pulau Sandy itu memang benar-benar ada, harusnya pulau itu terletak di antara Australia dan pulau New Caledonia.

Seorang Geologis, Maria Seton mengatakan bahwa pulau ini tampak di Google Maps, Google Earth, dan peta lainnya. Oleh karena itu mereka pergi menjelajah untuk mencari pulau tersebut. Anehnya, mereka tidak dapat menemukan wujud fisik dari pulau itu.

“Bagaimana pulau tersebut bisa muncul di peta, sedangkan kami tidak dapat menemukannya di perairan Samudra Pasifik. Tidak tahu apa penyebab pulau itu tidak ada, tapi kami berencana untuk menelitinya terus hingga kami menemukan sesuatu”, ungkap Maria seperti yang dilansir dari Huffingtonpost.com.

Apa yang membuat pulau itu tidak ada wujud fisiknya di perairan Pasifik? Menurut beberapa pihak, jika pulau Sandy itu memang benar-benar ada, paling tidak keberadaannya bergeser hingga ke perairan wilayah negara Prancis.

(yk)

Huffington Post

Comment di sini