CiriCara: Cara Agar Tidak Boros Saat Belanja

by
November 27th, 2012 at 11:19 am

CiriCara.com - Belanja merupakan hal yang paling disukai beberapa wanita. Tak ada istilah kelebihan pakaian, sepatu, tas, aksesori bagi wanita yang sangat suka belanja. Walaupun lemari sudah penuh sesak, namun tetap saja ada titik bagi setiap wanita merasa tak memiliki pakaian untuk dikenakan.

Saat sedang berada di pusat perbelanjaan dan melihat dress cantik dengan potongan harga yang lumayan, wanita yang suka belanja tentunya akan langsung menghampiri toko tersebut. Tanpa berpikir panjang, barang diskonan itu langsung saja dibelinya. Setelah sampai di rumah, baru menyesal karena telah menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan.

Hal itulah yang terkadang membuat wanita konsumtif hingga kesulitan menabung dan merencanakan masa depannya. Belanja boleh-boleh saja Anda lakukan, asalkan harus tahu aturannya. Jangan sampai, kecintaan pada belanja malah membuat hidup semakin boros. Bagi Anda yang suka belanja, berikut ada 3 tips yang bisa diberikan agar tidak boros saat berbelanja:

1. Membuat 2 rekening tabungan

Dilansir Antaranews.com, Lutfi Trizki, seorang pakar keuangan mengatakan bahwa alangkah baiknya jika Anda memiliki 2 rekening tabungan. Satu rekening untuk dana operasional (dana hidup satu bulan) dan satu rekening lagi untuk tabungan. Setelah menerima gaji, pisahkan berapa yang akan Anda tabung dan berapa yang akan dibelanjakan. Seseorang yang suka belanja dan hanya memiliki satu tabungan saja, mereka akan sulit mengendalikan kondisi keuangannya dan malah boros.

2. Butuh atau ingin?

Beberapa wanita sangat tergoda melihat barang diskon. Sebenarnya barang itu tidak begitu dibutuhkannya, tetapi karena sedang diskon barang tersebut malah dibelinya. Setelah sampai di rumah, biasanya mereka juga akan menyesal karena telah membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan. Alangkah baiknya sebelum berbelanja dan memutuskan untuk membeli barang, Anda harus pikirkan terlebih dahulu.

Pikirkan seberapa besar kepentingan barang tersebut untuk hidup Anda. Jika jawabannya hanya ingin, maka jangan membelinya. Selain itu, jika barang tersebut bisa ditunda pembeliannya, maka tak ada salahnya untuk menundanya. Menunda 2 atau 3 bulan terkadang bisa menurunkan harga barang tersebut, seperti barang elektronik.

3. Dengarkan saran orang lain

Jika Anda berbelanja dengan sahabat, pacar, atau orangtua, maka mintalah pendapat mereka sebelum memutuskan untuk membeli barang tersebut. Biasanya mereka akan bisa mengontrol kebiasaan Anda berbelanja. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran untuk Anda, seperti barang apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak. Dan Anda harus bisa mendengarkan saran dari mereka.

Itulah 3 cara agar tidak boros saat belanja. Alangkah baiknya untuk menerapkan 3 cara di atas demi kelancaran uang Anda di masa yang akan datang. (NR)

Comment di sini