Graham Hughes Jelajahi 201 Negara Tanpa Terbang

by
November 27th, 2012 at 3:13 pm

CiriCara.com – Siapa bilang kalau mau keliling dunia harus pakai pesawat?

Seorang penjelajah asal Inggris, Graham Hughes berhasil membuktikan bahwa jalan-jalan keliling dunia tidak harus pakai pesawat.

Graham telah menghabiskan waktu 1.426 hari dan 4 buku passport untuk mengelilingi 201 negara, dan negara bagian tanpa melalui jalur udara.

Dia hanya menggunakan jalur darat dan laut, seperti bus antar perbatasan negara, kereta, kapal, dan lainnya. Berkat keberaniannya menjelajah dunia tanpa melalui jalur udara ini, Graham berhasil memecahkan rekor dunia sebagai orang pertama yang berkeliling ke 201 negara di seluruh dunia tanpa terbang.

Graham sebenarnya adalah seorang pembawa acara Graham’s World untuk National Geographic Channel. Pria 33 tahun yang memiliki jiwa petualang ini memulai perjalanannya tepat pada 1 Januari 2009.

Dan tepat pada 26 November 2012 lalu, dia berhasil tiba di Sudan Selatan, sebuah negara yang baru merdeka pada 9 Juli 2011. Jadi negara ini belum ada saat Graham memulai perjalanannya itu. Negara Sudan Selatan ini menjadi negara terakhir, sehingga genaplah 201 negara yang dikunjunginya.

Negara-negara yang berhasil dikunjungi Graham, antara lain Papua Nugini, Kamboja, Taiwan, Kosovo, Palestina, Vatikan, 193 negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-bangsa, serta beberapa 4 negara di Britania Raya.

Menurut keterangan Graham, seluruh perjalanan yang dia lakukan menghabiskan sekitar 10 poundsterling setiap harinya (sekitar 155.000 rupiah).

Perjalanan panjang yang ditempuh Graham bukanlah perjalanan yang mudah untuk dilalui. Di beberapa negara, Graham harus melewati jalanan-jalanan rusak dengan truk, ditambah lagi kondisi fisik yang sempat menurun.

Namun, semua upaya yang dilakukannya berhasil memecahkan rekor Guiness World Record sebagai manusia pertama yang berhasil menjadi penjelajah dunia tanpa terbang (menggunakan jalur udara).

(yk)

Telegraph

Comment di sini