Vampir Asli Lepas, Warga Serbia Heboh

by
November 27th, 2012 at 10:41 am

CiriCara.com – Ini bukan cerita soal vampir bohongan yang biasa ditemui masyarakat di beberapa film Hollywood. Kejadian vampir lepas ini benar-benar terjadi di wilayah kota Bajina Basta, Serbia.

Akibatnya, harga bawang putih di daerah bagian barat Serbia itu meningkat drastis karena warga berebut menyimpan stok bawang putih di rumah mereka. Bahkan dewan setempat telah mengeluarkan peringatan tentang adanya vampir lepas.

Dilansir dari Merdeka.com, peringatan ini mulai dikeluarkan sejak Sabtu, 24 November 2012 saat pabrik yang dipercayai warga setempat sebagai tempat Sava Savanovic berdiam hancur dengan sendirinya. Sava Savanovic terkenal sebagai vampir legendaris dari cerita rakyat Serbia.

Berdasarkan legenda, Savanovic hidup di tempat penggilingan di pinggir Sungai Rogacica, Desa Zarozje, Bajina Basta, Serbia. Savanovic hidup dengan cara meminum darah siapapun yang datang ke pabrik itu untuk menggiling gandum.

Dulunya, pabrik tua itu dimiliki oleh keluarga Jagodic. Karena takut untuk memakainya, tempat ini lalu dijadikan area wisata yang mengundang ratusan turis lokal maupun mancanegara.

Namun seiring berjalannya waktu, keluarga Jagodic khawatir bila ketenangan Sava Savanovic akan terusik jika mereka tetap menggunakan pabrik itu. Akhirnya, karena memang sudah tua, pabrik itu hancur Sabtu lalu.

Walau terkesan tidak masuk akal namun penduduk kota Bajina Basta tetap takut dengan isu yang berkembang setelah mengetahui kediaman vampir Sava Savanovic hancur. Mereka percaya bahwa Savanovic telah bebas dan berkeliaran mencari tempat dan korban baru.

“Masyarakat khawatir sebab mereka berpikir vampir itu sekarang tuna wisma dan mencari tempat baru bahkan korban. Kita semua ketakutan,” kata Walikota Miodrag Vujetic.

Menurutnya lagi, hampir seluruh penduduk lokal kota tidak ada yang mau meragukan keberadaan Sava Savanovic. Melalui dewan setempat, ia menyarankan warga agar menaruh bawang putih di bagian bawah pintu dan jendela rumah agar terlindung dari bahaya vampir. Walikota juga mengingatkan para warga untuk meletakkan salib di setiap kamar mereka.

Kawasan Eropa Timur memang terkenal sebagai surga legenda vampir, drakula, dan hantu penghisap darah semacamnya. Selain Serbia, negara lain seperti Bulgaria juga terkenal akan legenda vampirnya karena di daerah itu sempat ditemukan kerangka yang dipercayai sebagai kerangka vampir. (RN)

Comment di sini