Bahaya Memakai Jas Hujan Ponco Bagi Para Bikers

by
November 28th, 2012 at 4:43 pm

CiriCara.com – Saat ini sebagian wilayah Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Bagi para pengendara motor (biker), jas hujan jadi pilihan agar bisa berkendara saat hujan. Tapi, apakah jas hujan yang Anda gunakan sudah terjamin keamanannya?

Memilih jas hujan tidak boleh sembarangan, karena beberapa jas hujan bisa membahayakan si pengemudi sendiri. Misalnya saja jas hujan model ponco atau yang biasa disebut jas hujan Batman. Jas hujan ini ternyata bisa memicu kecelakaan yang mematikan.

- Mudah tersangkut

Jas hujan ponco mempunyai ciri khas yang praktis dan lebar seperti jubah. Namun, dibalik kepraktisannya itu terdapat sebuah bahaya. Banyak kecelakaan yang terjadi akibat jas hujan ponco terselip di bagian rantai ataupun jeruji roda. Jika hal ini terjadi, maka pengemudi akan tertarik oleh jas hujan dan langsung terjatuh. Bahayanya, pengemudi bisa mengalami patah tulang leher.

- Mengganggu pengendara lain

Jas hujan ponco yang lebar bisa mengganggu pengendara lain. Anda bisa tersangkut di kaca spion mobil ataupun stang pengendara motor lainnya. Alhasil, Anda bisa terjatuh dan pengendara lain juga akan ikut terkena imbasnya. Kecelakaan ini bisa bertambah parah saat kondisi jalan sedang padat.

- Mengganggu keseimbangan

Jas hujan ponco yang lebar akan menahan laju angin saat Anda memacu motor dengan kecepatan tinggi. Jika ada angin kencang, Anda bisa dengan mudah kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Sifat jas hujan ponco yang menahan angin juga akan membuat bensin semakin boros, karena beban motor bertambah akibat angin yang tertahan jas hujan.

Jas hujan model baju

Bagaimanapun cara Anda menggunakannya, jas hujan ponco tetap mempunyai tingkat bahaya yang lebih tinggi dibanding jas hujan yang bentuknya seperti baju dan celana. Instruktur safety riding profesional Joel Deksa Mastana juga tidak menganjurkan penggunaan jas hujan ponco.

Menurutnya, pengguna sepeda motor diharuskan untuk menggunakan pakaian yang pas dan melekat dengan tubuh. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu kegiatan dan konsentrasi berkendara. Inilah yang menjadi alasan kenapa pembalap profesional menggunakan pakaian yang ketat.

Meski jas hujan ponco menawarkan kepraktisan, Anda harus tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Pilihlah jas hujan yang aman karena keluarga Anda menunggu di rumah.

(YG)

Comment di sini