CiriCara: Cara Diet Untuk Wanita yang Berusia 20-an

by
November 28th, 2012 at 1:17 pm

CiriCara.com – Wanita yang masih berusia 20 tahunan tentunya memiliki aktivitas dan gaya hidup yang berbeda dengan wanita yang usianya lebih tua. Wanita berusia 20 tahunan masih bisa aktif dengan kondisi tubuh yang masih kuat.

Bukan hanya aktivitas dan gaya hidupnya saja yang berbeda, tapi ketentuan diet yang dilakukan untuk wanita usia 20 tahunan juga berbeda dengan wanita yang lebih tua. Jika Anda para wanita yang masih berusia 20 tahunan dan ingin melakukan program diet, maka simak paparan berikut ini yang dicuplik dari Allwomenstalk.com:

1. Dimulai sejak usia dini

Semakin cepat untuk memulai diet, semakin mudah juga mendapatkan hasil berat badan yang diinginkan. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh wanita yang masih berusia muda cenderung lebih baik dibandingkan mereka yang sudah berusia lanjut. Selain itu, usia muda juga lebih mudah untuk menerapkan kebiasaan dan pola hidup sehat.

2. Makan tepat waktu

Kebiasaan menunda makan bisa membuat tubuh tidak sehat dan sama sekali tidak membantu suksesnya program diet. Padahal, makan secara teratur bisa membuat metabolisme tubuh menjadi kuat. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet disarankan untuk makan dengan porsi sedikit secara teratur sepanjang hari. Tujuannya adalah untuk mencegah Anda dari rasa lapar yang berujung pada ngemil yang memiliki kandungan lemak.

3. Atur porsi makan

Anda harus bisa menyesuaikan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dengan banyak melakukan aktivitas dan berolahraga. Dengan begitu, tidak ada kalori ataupun nutrisi berlebihan yang menumpuk di dalam tubuh Anda.

4. Makan dengan porsi sedikit disertai repetisi

Makanlah 5 porsi buah-buahan dan sayuran segar setiap harinya, serta makanlah 5 kali dengan porsi kecil dibandingkan tiga kali porsi besar. Dengan memakan 5 porsi kecil dalam sehari akan mencegah rasa lapar dan membuat Anda tahan dari godaan untuk mengemil. Mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah-buahan baik untuk pencernaan serta membuat rasa kenyang lebih lama.

5. Manjakan lidah sesekali

Saat menjalankan program diet bukan berarti Anda harus menjauhi makanan yang disuka. Mengonsumsi makanan yang disukai boleh-boleh saja asalkan dalam porsi yang kecil dan tidak terlalu sering. Jika Anda mneyukai es krim, maka tak nada salahnya untuk memakannya sesekali pada siang hari.

6. Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak kalori karena tinggi gula dan tidak memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa University of Texas Health Center di San Antonio menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi soda diet memiliki risiko peningkatan berat badan 43% lebih tinggi dibandingkan dengan orang mengonsumsi soda biasa.

7. Cermati label makanan

Sebelum mengonsumsi makanan, ada baiknya untuk mencermati labelnya terlebih dahulu. Anda bisa mengecek jumlah kalori, lemak,serat, protein hingga kandungan lain yang terdapat pada makanan tersebut. Dengan mencermati makanan yang akan dikonsumsi, Anda bisa mengetahui apakah makanan itu benar-benar sehat atau tidak.

8. Menghitung kalori makanan yang dikonsumsi

Hitunglah kalori dari makanan yang Anda makan, termasuk saus, pasta, mayonaise yang vterdapat pada makanan yang akan dikonsumsi. Anda cukup mengetahui angka kebutuhan kalori harian dan cocokkan dengan jumlah kalori dalam makanan tersebut. Tapi, jangan hanya memperhatikan kandungan kalorinya saja, tetapi juga gizinya.

9. Dukungan dari keluarga

Jika Anda masih tinggal bersama orangtua, maka akan lebih mudah untuk menjalankan program diet. Katakan pada mereka bahwa Anda sedang menjalani program diet. Dengan begitu, orangtua akan membantu dalam pemilihan makanan yang disajikan.

Itulah cara diet sehat bagi Anda yang berusia 20-an. Diet yang sehat sangat perlu diimbangi dengan berolahraga. Berolahragalah setiap hari setidaknya 1 jam. Dengan begitu, diet Anda akan berhasil. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini