CiriCara: Cara Mengatasi Kebiasaan Mengomel Pada Suami

by
November 28th, 2012 at 9:12 am

CiriCara.com – Saat sudah berkeluarga, terkadang masih saja ada perilaku dari pasangan yang tidak kita senangi, salah satunya yaitu mengomel. Mengomel bukan hanya dilakukan oleh suami, tapi juga istri. Beberapa suami mengeluh kalau istrinya suka mengomel. Kebiasaan buruk yang dilakukan si istri itu sebenarnya disadari, tapi mereka tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

Lontaran omelan yang dilakukan para istri biasanya dikarenakan keadaan rumah yang berantakan, batal pergi berlibur, dan lain sebagainya. Kekesalan yang dirasakannya itu malah diutarakan melalui omelan kepada sang suami maupun si anak. Hal lain yang membuat si istri melontarkan omelan yaitu rasa cemas atau khawatir.

Beberapa hal tersebut itulah yang terkadang membuat beberapa wanita yang sudah menikah suka mengomel. Sering mengomel kepada anggota keluarga bisa membuat mereka stres dan akhirnya timbul pertengkaran dalam keluarga. Untuk itu, Anda disarankan agar bisa mengurangi kebiasaan mengomel. Bagaimana caranya? Dicuplik dari Canadianliving.com, Tracy B. Richards, seorang konselor pasangan dan psikoterapis asal Amerika memberikan tipsnya untuk Anda:

1. Menjauh dari situasi

Saat Anda ingin melontarkan omelan, cobalah menjauh dari situasi tersebut. Anda harus menyendiri terlebih dahulu dan menjauh dari situasi tersebut. Dengan begitu, pikiran Anda akan kembali tenang dan dan pola pikir menjadi rasional. Setelah tenang dan memahami hal apa yang membuat kesal, Anda akan memiliki kekuatan untuk mengambil langkah yang lebih produktif tanpa melontarkan omelan.

2. Terbuka dengan pasangan

Suka mengomel kepada suami bisa disebabkan juga karena tidak ada sikap saling keterbukaan. Untuk itu, Anda dan suami harus menjalin komunikasi yang baik dan selalu terbuka pada hal apa saja. Perlu Anda ketahui juga bahwa omelan tidak akan menghasilkan suatu hal yang memuaskan kecuali Anda benar-benar terbuka mengenai masalah yang dialami.

3. Menangani masalah yang mendasar

Saat seseorang mengomel, biasanya ada suatu masalah besar yang akhirnya memicu mereka untuk melontarkan omelan. Melontarkan omelan sebenarnya bukanlah cara yang efektif karena tidak bisa mengatasi masalah yang mendasarinya. Melontarkan omelan juga bisa membuat Anda jadi tidak didengar dan dihargai oleh suami. Untuk itu Anda harus bisa membuat sang suami dan anak merasa bahagia dulu agar tidak melontarkan omelan.

4. Menyelesaikan masalah secara bertahap

Bisa menyelesaikan masalah secara bertahap akan membuat Anda menjadi lebih bisa dihargai oleh sang suami. Contohnya, suami tak perlu menggantikan tugas mencuci piring atau baju Anda. Tapi, minta dia untuk mengeringkan piring dan meletakkannya di lemari penyimpan. Cara ini juga bisa membantu Anda untuk bisa mengurangi kebiasaan mengomel.

Itulah 4 cara agar kebiasaan mengomel yang Anda lakukan bisa berkurang. Sering melontarkan omelan kepada suami atau anak akan membuat keluarga menjadi tidak hidup harmonis. Selain itu, Anda juga bisa tidak dihargai dan dihormati oleh mereka. Untuk itu, terapkan 4 cara diatas agar kebiasaan mengomel bisa segera teratasi. (NR)

Comment di sini