CiriCara: Ciri-ciri Orang Karismatik

by
November 28th, 2012 at 11:18 am

CiriCara.com – Menjadi orang yang karismatik memang sangat membanggakan karena Anda bisa menjadi pusat perhatian orang-orang. Orang karismatik mampu membangun dan menjaga hubungan baik dan secara konsisten bisa mempengaruhi orang-orang di sekitarnya dengan cara yang positif.

Tak heran jika orang karismatik ini banyak disukai oleh orang lain. Jika Anda ingin menjadi sosok yang karismatik, maka bisa mengubah perilaku menjadi lebih positif. Dicuplik dari Inc.com, inilah 10 ciri orang karismatik:

1. Lebih banyak mendengarkan

Orang yang karismatik selalu menjaga kontak mata, tersenyum, mengangguk, dan melontarkan pertanyaan untuk menghargai lawan bicara. Orang karismatik ntidak memberikan nasihat kecuali ditanya orang lain. Mereka akan lebih banyak mendengarkan untuk menunjukkan rasa kepeduliannya. Selain itu, saat memberikan saran dia akan memulai dengan kalimat, “Kalau aku sih …..”

2. Tidak pilih-pilih

Beberapa orang tidak mampu mendengarkan sesuatu yang dikatakan orang lain yang dianggap lebih rendah. Orang kasrismatik akan mendengarkan siapa saja, tidak peduli posisi atau status sosialnya. Mereka bisa memiliki kesamaan dengan siapa saja, bukan hanya orang yang sama dengan status sosialnya.

3. Akan berhenti beraktivitas saat diajak berbicara

Anda mungkin pernah berhadapan dengan orang yang saat diajak berbicara, tapi mereka malah tetap melakukan aktivitasnya, seperti mengecek ponsel, laptop, atau majalah. Hal tersebut terkadang membuat kesal, bukan? Tapi, orang karismatik tidak akan melakukan hal tersebut. Mereka akan mencurahkan seluruh perhatiannya pada orang yang diajak bicara. Tak heran jika banyak orang yang selalu ingin dekat dengannya.

4. Tidak merasa dirinya penting

Orang yang terkesan dengan dirinya yang “sok” penting dan hebat tak lain adalah orang-orang yang merasa dirinya penting dan dibutuhkan oleh orang lain. Orang lain justru akan merasa terganggu dan tidak nyaman jika berdekatan dengan orang-orang yang seperti itu. Tapi, orang karismatik tidak memiliki sifat ini dalam dirinya.

5. Selalu memberi dan kadang tak pernah menerima kembali

Orang karismatik lebuh mengutamakan untuk memberi dahulu, baru menerima. Mereka juga tidak memikirkan apakah mereka akan menerima balasan dari orang tersebut atau tidak. Mereka hanya berfokus pada apa yang bisa diberikan karena memberi menjadi salah satu cara untuk menciptakan koneksi nyata dalam suatu hubungan.

6. Membiarkan orang lain bersinar

Orang karismatik mengetahui bahwa ada orang yang tidak cukup menerima penghargaan atas prestasinya. Oleh karena itu, mereka akan memberikan sebuah pengakuan sehingga membuat orang itu merasa telah membuat suatu pencapaian dan merasa lebih penting. Hal itulah yang membuat orang karismatik lebih dihargai karena mereka peduli untuk memperhatikan pencapaian yang telah dilakukan oleh orang lain.

7. Cermat memilih kata-kata

Orang karismatik sadar bahwa kata-kata bisa mempengaruhi perilaku orang lain. Saat melontarkan kata-kata, mereka akan menciptakan suasana yang bahagia, antusias, dan terpenuhi kebutuhannya. Selain itu, kata-kata yang dilontarkannya pun tidak membuat orang lain merasa tersakiti.

8. Tidak berbagi gosip dengan orang lain

Mendengar gosip dari orang lain terkadang membuat hati senang. Namun, suka bergosip tidak dimiliki oleh orang yang karismatik. Orang karismatik tidak ingin dirinya yang menjadi bahan omongan orang lain. Mereka tidak akan membuka peluang untuk menertawakan orang lain dan dengan sendirinya tidak akan ditertawakan.

9. Menganggap orang lain lebih penting

Orang karismatik memiliki pengetahuan, pendapat, dan sudut pandang sendiri dari suatu masalah. Namun, hal itu tidak penting baginya karena mereka tidak bisa mempelajari sesuatu dari diri sendiri. Mereka menganggap bahwa pengetahuan bisa didapat dari pengalaman orang lain.

10. Mengakui kegagalan

Orang karismatik selalu rendah hati, mau berbagi tentang kegagalan yang dilakukan, mengakui kesalahan, dan mampu menertawakan diri sendiri. Sementara, orang lain tidak akan menertawakan orang yang karismatik melainkan mereka akan tertawa bersama. Itulah yang membuat orang karismatik disukai oleh orang banyak.

Itulah 10 ciri orang karismatik. Apakah Anda memiliki ciri-ciri tersebut? Jika iya, maka Anda termasuk ke dalam orang yang memiliki karisma. Perlu diketahui juga bahwa karismatik bukan bawaan dari lahir, tapi sesuatu yang bisa dipelajari. (NR)

Comment di sini