KPI Panggil Trans TV Terkait Kasus Super Trap Edisi “Toilet Umum”

by
November 28th, 2012 at 10:50 am

Jakarta (CiriCara.com)Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akhirnya memanggil pihak Trans TV terkait kasus penayangan acara Super Trap yang dinilai melanggar etika. Pasalnya, ribuan pengaduan dari masyarakat sudah masuk ke KPI.

Komisioner KPI Nina Muthmainnah menuturkan bahwa pihak Trans TV akan dipanggil pada Rabu (28/11/2012) hari ini. Trans TV akan dimintai penjelasan terkait acara Super Trap yang dinilai telah melanggar etika penyiaran.

“Iya, (Rabu) pukul 08.30 WIB Trans TV akan dipanggil,” tutur Nina seperti dikutip dari Okezone.com, Rabu (28/11/2012).

Seperti diberitakan sebelumnya, acara Super Trap edisi Minggu 25 November 2012, episode “Toilet Umum” menuai banyak kecaman dari para penontonnya. Pasalnya, dalam acara itu tim Super Trap coba mengisengi pengguna toilet dengan memasang kamera CCTV di dalamnya.

Pada episode ini, ketika korban masuk ke dalam toilet untuk buang hajat, lantai toilet tiba-tiba terangkat dan atapnya roboh sehingga aktivitas korban di dalam toilet terlihat di depan umum. Parahnya lagi, tim Super Trap tidak memberikan sensor secara penuh.

Meski bertujuan untuk membuat penonton tertawa, Super Trap episode “Toilet Umum” ini justru menuai banyak kecaman dari masyarakat. Mengintai aktivitas seseorang di dalam toilet dengan menggunakan kamera dinilai sebagai perbuatan yang tidak etis dan melanggar privasi.

Mendengar hal itu, pihak Trans TV sebelumnya sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada publik. Mereka berjanji akan kembali melakukan evaluasi pada setiap tayangan yang akan mereka suguhkan kepada masyarakat.

“Kepada Pemirsa mohon maaf atas tayangan @supertrapttv malam ini. Evaluasi akan kami lakukan untuk perbaikan tayangan yang akan datang. Terimakasih,” tulis pihak Trans TV di situs jejaring Twitter, Senin (26/11/2012) lalu.

(YG)

Comment di sini