Manfaat Mentimun Bagi Perempuan

by
November 28th, 2012 at 2:05 pm

CiriCara.com – Mentimun merupakan salah satu buah yang biasa dikonsumsi orang-orang. Selain bisa dikonsumsi, timun juga menyehatkan dan menyegarkan kulit.

Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang mudah ditemukan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Dengan menggunakan mentimun saja, Anda bisa mendapatkan wajah cantik alami dan kulit yang mulus.

Masih ada manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mentimun. Apa saja? Untuk mengetahuinya, mari simak 6 manfaat mentimun bagi perempuan berikut ini:

1. Melembapkan kulit

Mentimun bisa melembapkan kulit wajah dengan cara yang sederhana. Anda cukup menempelkan irisan mentimun pada kulit wajah selama kurang lebih lima menit. Selain dapat melembapkan kulit wajah, mentimun juga bisa mencegah timbulnya keriput dan penuaan dini.

2. Menghilangkan jerawat

Jika wajah Anda berjerawat, maka bisa melakukan perawatan dengan mentimun. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu tempelkan irisan mentimun pada daerah wajah yang berjerawat. Setelah itu, Anda bisa diamkan selama kurang lebih 15 menit dan basuh dengan air bersih. Jika Anda rutin melakukannya, maka jerawat akan hilang dan wajah pun jadi tidak terlihat kusam.

3. Dijadikan sebagai masker

Mentimun juga bisa Anda gunakan untuk dijadikan masker. Maker mentimun bisa mengencangkan kulit wajah Anda. Caranya, kupas kulit mentimun lalu iris dan blender. Setelah itu, Anda bisa usapkan ke wajah dan tunggu hingga mengering. Selain untuk mengencangkan, mentimun juga bisa menghilangkan noda hitammenyegarkan, membersihkan, dan mengurangi minyak berlebih pada wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda bisa melakukannya minimal satu minggu sekali.

4. Mengurangi lingkar hitam di bawah mata

Mentimun bisa membantu mengurangi lingkar hitam di bawah mata Anda. Kandungan antioksidan dan silika dari timun akan membuat bagian mata menjadi lembut dan mulus. Letakkan potongan mentimun pada mata dan diamkan selama 10-15 menit.

5. Menghilangkan bengkak pada mata

Mata yang bengkak bisa disebabkan karena kurang tidur, kebanyakan tidur, menangis, atau kelelahan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan mentimun. Mentimun memiliki asam askrobik yang tinggi sehinnga bisa menurunkan kadar air dan bengkak pada mata. Letakkan mentimun di kedua mata, lalu pejamkan mata Anda selama 15 menit.

6. Mengecilkan pori-pori

Mentimun merupakan toner yang sangat baik. Anda bisa mencampurnya dengan cuka apel, putih telur, dan tomat. Haluskan bahan-bahan tersebut dan usapkan ke wajah Anda. Setelah itu, diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah sampai bersih. Dengan begitu, pori-pori wajah Anda akan mengecil.

Itulah manfaat mentimun untuk kecantikan kulit wajah perempuan. Sungguh bermanfaat, bukan? Selain untuk perawatan kecantikan, mentimun juga sangat bermanfaaat bagi tubuh, seperti melawan kanker, mengurangi nyeri ketika sakit kepala, memperlancar pencernaan, mengobati diabetes, mengurangi kolesterol, dan mengontrol tekanan darah. (NR)