Pimpinan Korut, Kim Jong Un Dinobatkan Sebagai Pria Terseksi?

by
November 28th, 2012 at 1:23 pm

Beijing (CiriCara.com) – Pemberitaan yang dimuat dalam berbagai media, baik itu media online, ataupun media cetak, seringkali menimbulkan pengertian yang berbeda dikarenakan perbedaan bahasa yang digunakan dalam media lokal, masing-masing negara.

Kasus seperti ini baru saja terjadi. Pasalnya, sebuah media China salah mengerti maksud pemberitaan yang termuat dalam media satir Amerika Serikat, The Onion (theonion.com).

Bloomberg

Dilansir dari Yahoo.com, The Onion memberikan julukan “pria terseksi yang pernah ada” bagi Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara yang menggantikan posisi almarhum ayahnya, Kim Jong-il.

Namun, julukan itu bukanlah penobatan yang sebenarnya, tapi berupa sindiran yang diberikan The Onion pada pemimpin Korut yang terkenal sadis itu.

Akan tetapi, kesalahpahaman antar media sudah terlanjur terjadi. Harian milik Partai Komunis China, People’s Daily menyalahartikan julukan tersebut, sehingga dia mengucapkan selamat pada Kim Jong Un, putra bungsu dari Kim Jong-il ini.

Dalam pemberitaan tersebut, People’s Daily mengutip beberapa kalimat dari The Onion, yang menyebutkan bahwa Kim Jong Un benar-benar tampan di balik sosoknya yang kuat, kokoh, dan tegap. Meski wajah bulat dan imut, kharisma dan wewenangnya untuk memimpin Korea Utara tetap terasa sangat kuat. Sosok Kim Jong Un mungkin menjadi sosok pria yang diidam-idamkan oleh seluruh wanita di dunia ini.

Selain itu, harian milik Partai Komunis China ini menambahkan 55 foto Kim Jong Un yang benar-benar menampilkan sosok seksi pemimpin Korut ini, misalnya saat dirinya menunggang kuda, berpose dengan para petinggi militer Korut, dan sebagainya.

Sebenarnya, pada akhir kutipan paragraf berita tersebut dituliskan nama editor dari The Onion bagian Style and Entertainment, yaitu Marissa Blake-Zweiber. Hal ini jelas sekali menunjukkan bahwa penobatan ini tidaklah sungguh-sungguh diberikan pada pimpinan negara paling tertutup di dunia itu.

Kesalahpahaman atas berita The Onion seperti ini, sudah seringkali terjadi. Seperti tahun 2002, Beijing Evening News juga pernah salah mengartikan pemberitaan The Onion mengenai anggota kongres AS akan meninggalkan Washington “jika kapitol baru tidak dibangun”.

Jadi, pemahaman terhadap pemberitaan dalam media asing harus ditelaah secara saksama terlebih dahulu sebelum melaporkannya kembali. (yk)

Yahoo

Comment di sini