Sebentar Lagi Masuk Pantai Ancol Bisa Gratis?

by
November 28th, 2012 at 2:22 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Basuki Tjahaja Purnama selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta berharap jika warga dapat masuk ke Pantai Ancol secara cuma-cuma terutama di hari Sabtu dan Minggu.

Diberitakan oleh Detik.com, perihal masuk pantai gratis itu telah disampaikan kepada Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol terkait gugatan tiga warga Jakarta di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) beberapa waktu lalu.

“Oh, tadi kita sudah bilang sama Dirut Ancol, menang atau kalah kita pingin hitung di hari tertentu orang yang tidak naik mobil, (tidak) naik motor, yang naik bus bisa masuk Ancol gratis Sabtu-Minggu,” kata pria yang akrab disapa Ahok ini di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 27 November 2012 seperti dikutip Detik.com.

Ahok juga menjelaskan bahwa keputusan ini harus dikaji lebih dulu oleh PT Ancol sebagai BUMD. Ia berharap agar keinginan warga Jakarta yang bisa masuk Pantai Ancol secara gratis itu dapat menjadi kenyataan.

Liputan 6

Menurut Ahok, sesuai dengan peraturan perundangan, pantai adalah milik publik yang bisa diakses masyarakat secara gratis. Namun karena Pantai Ancol dikelola oleh BUMD maka warga dikenai tarif jika ingin masuk ke sana.

Saat ditanya rencana kebijakan Pemprov DKI Jakarta tentang pembebasan biaya masuk Pantai Ancol, Ahok mengaku masih menimbang lebih lanjut karena perlu pengkajian ulang.

Di sisi lain, Dirut PT Jaya Ancol, Budi Karya membenarkan adanya pertemuan tersebut. Namun menurutnya Ahok sebagai Wakil Gubernur belum setuju untuk menggratiskan Pantai Ancol.

Sebelum Wakil Gubernur DKI Jakarta menanggapi masalah Pantai Ancol ini, tiga warga Jakarta yaitu Ahmad Taufik, Abdul Malik Damrah, dan Bina Bektiati menggugat pengelola Pantai Ancol Jakarta karena ketiganya dikenai biaya tiket masuk ke pantai masing-masing Rp 15 ribu atau total Rp 45 ribu.

Karena gugatan ini, Ancol menggugat balik ketiga warga Rp 1,5 miliar dan akan memberikan fasilitas alternatif kepada masyarakat.

Mungkinkah masuk Pantai Ancol gratis akan segera terwujud? Untuk memutuskan hal ini, tentu saja pemerintah Provinsi DKI Jakarta perlu membicarakannya dengan banyak pihak. Tapi semoga saja gagasan ini akan menjadi kenyataan suatu hari nanti. (RN)

 

Comment di sini