4 Perilaku Unik yang Dilakukan Saat Tidur

by
November 29th, 2012 at 4:50 pm

CiriCara.com – Masalah susah tidur sudah kerap kali terjadi di beberapa negara di dunia. Banyak orang yang mengeluhkan hal yang sama, seperti insomnia maupun masalah susah tidur lainnya.

Kebiasaan tidur sambil berjalan pun sudah tidak aneh lagi. Sekarang ini, banyak orang yang didapati memiliki kebiasaan aneh saat tengah tertidur pulas.

Para pskiater dan yayasan konsultasi juga kebanjiran pasien yang mengeluhkan masalah susah tidur, perilaku unik saat tidur, bahkan sampai masalah mendengkur.

Kira-kira perilaku unik apa saja yang dilakukan seseorang saat tertidur pulas? Berikut adalah beberapa penjabaran perilaku aneh saat tidur yang dikeluhkan oleh banyak orang.

1. Makan sambil tidur

Mungkin terdengar aneh jika ada orang yang bisa sampai makan sambil tertidur pulas. Kebiasaan yang dilakukan tanpa sadar ini biasanya hanya dapat dibuktikan dengan bungkus makanan kosong di sisi ranjang, atau dapur berantakan meski sudah dirapikan saat sebelum tidur.

Awalnya, masalah makan sambil tidur ini bukan masalah serius, tapi lambat laun kebiasaan buruk ini bisa mengarah pada sebuah sindrom yang dikenal dengan nama Nocturnal Eating Syndrome (NES).

Akibat yang dapat ditimbulkan dari kecenderungan ini ialah kenaikan berat badan yang tidak terkendali, tersedak saat tidur, dan juga berkaitan masalah mental dan fisik.

Hal ini biasanya dipicu jika orang tersebut sudah seringkali mengalami tidur berjalan, atau mereka sedang dalam diet ketat sepanjang hari.

2. Mendengar suara keras

Saat mau tidur, kepala kamu masih dalam keadaan baik-baik saja. Namun, tiba-tiba, seperti ada petir yang menyambar, sehingga kamu seakan-akan mendengar suara keras yang menyambar kepalamu. Kadangkala, ada juga orang yang suka merasa seperti terjatuh, padahal dia sedang tidur di atas kasur.

Hal ini dinyatakan sebagai peristiwa Parasomnia. Karena orang tersebut terhentak kaget akibat suara keras tiba-tiba, dan perasaan seperti terjatuh, membuat mereka terhentak dan terbangun.

Seringkali peristiwa ini mengakibatkan sakit kepala yang dahsyat. Untuk kasus yang lebih parah, peristiwa tersebut dapat mengakibatkan perasaan tertekan, dan mengganggu jiwanya.

3. Membalas SMS

Memang, teknologi saat ini sangat menyita separuh kehidupan manusia. Tidak percaya? Coba pikirkan berapa lama dalam sehari, kamu dapat beraktivitas tanpa menggunakan teknologi. Simpelnya saja, ponsel, laptop, atau komputer, kamera, televisi, microwave, mesin cuci, dan lain sebagainya.

Tidak heran kalau ada kasus orang yang bisa membalas pesan singkat (SMS) saat sedang tertidur. Ini juga merupakan masalah kelainan saat tidur yang sudah dialami oleh sebagian orang. Pada level yang tidak serius, terlihat dari kebiasaan orang yang suka tiba-tiba terbangun lalu mengecek ponselnya.

Bahkan, mereka sempat membalas pesan singkat dengan mata yang masih dalam keadaan setengah terbuka. Setelah itu, mereka bisa kembali tertidur.

Biasanya, pada pagi harinya, mereka tidak sadar kalau sudah membalas pesan singkat tersebut. Yang menjadi misteri bagi para peneliti, seperti Dr. Kirstie Anderson, penyedia jasa Neurology Sleep Service, adalah apa yang terjadi di bagian otak manusia saat seseorang melakukan kegiatan tersebut saat tidur.

4. Berhenti bernapas

Tak jarang pula ada orang yang bisa sampai berhenti bernapas saat sedang tidur. Meski mereka hanya berhenti bernapas selama beberapa detik saja, tapi hal tersebut tidak baik bagi tubuh.

Biasanya orang yang mengalami berhenti napas sejenak saat tidur, pasti mereka juga mempunyai masalah tidur mendengkur. Saat mendengkur, ada suatu titik di mana udara yang masuk ke saluran pernapasan tidak dapat dikeluarkan sehingga tertahan di dalam. Saat itulah orang tersebut berhenti bernapas.

Kemudian otak akan memberikan respons, sehingga orang tersebut akan bangun dengan sendirinya. Karena pada saat itu, otak kekurangan oksigen untuk bekerja, jadi seakan otak tidak terhubung dengan tubuh.

Itulah keempat perilaku unik yang sering dilakukan orang dalam keadaan tertidur pulas. Hal ini mungkin dipicu oleh masalah yang ada pada jaringan saraf pada otak, yang mempengaruhi sistem psikis seseorang sehingga alam bawah sadar pun menjadi terganggu. Apakah kamu pernah mengalami hal-hal tersebut?

(yk)

BBC

Comment di sini