CiriCara: Cara Memilih Warung Makan di Pinggir Jalan

by
November 29th, 2012 at 4:55 pm

CiriCara.com – Kuliner pinggir jalan memang cukup populer di sejumlah kota di Indonesia. Meski begitu, Anda harus jeli dalam memilih tempat makan. Salah-salah malah dapat menyebabkan sakit perut karena kebersihan warung yang tidak terjaga.

Warung pinggir jalan memang banyak tersedia di sejumlah kota seperti, Jakarta, Medan, Bandung, Bogor, dan masih banyak lainnya. Namun, tidak semua warung itu terjamin kesehatannya. Jadi, pandai-pandailah dalam memilih warung makan di pinggir jalan.

Berikut cara memilih warung makan di pinggir jalan:

1. Perhatikan kebersihannya

Hal pertama yang Anda lihat adalah kebersihan warung makan tersebut. Teliti apakah tukang masaknya selalu menjaga kebersihan atau tidak. Perhatikan juga tempat dia memasak, caranya mengolah masakan, dan yang terakhir adalah lihat kebersihan tempatnya.

2. Meminta pendapat

Jika Anda bingung, ada baiknya minta saran dari teman, kerabat, ataupun pengunjung yang pernah berkunjung ke warung makan di pinggir jalan tersebut. Jika mereka merekomondasikan, itu artinya warung makan tersebut dapat dipercaya dan memuaskan.

3. Bertanya ke penduduk setempat

Jika tidak ada orang yang bisa dimintai pendapat, Anda bisa menggunakan bantuan penduduk setempat. Anda bisa bertanya pada tukang ojek, pengunjung hotel, ataupun warga, mengenai warung makan pinggir jalan terbaik di kota mereka.

4. Lihat jumlah pengunjung

Warung makan yang baik dan enak biasanya akan dikunjungi banyak pengunjung. Jika Anda sedang mencari warung yang enak, maka carilah warung yang ramai pengunjungnya. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kebersihannya.

5. Tanya harga makanan

Warung pinggir jalan biasanya tidak mempunyai daftar menu. Jadi, jika uang Anda terbatas ada baiknya bertanya dahulu sebelum membelinya. Tanyakan harga makanan yang akan Anda beli untuk memastikan uang Anda cukup untuk membelinya.

6. Siapkan uang pecahan kecil

Warung pinggir jalan tidak menyediakan layanan pembayaran melalui kartu kredit, jadi bawalah uang tunai. Untuk berjaga-jaga, siapkan juga uang pecahan kecil agar tidak perlu menunggu lama untuk kembalian.

Itulah beberapa cara atau tips untuk memilih warung makan di pinggir jalan. Semoga cara-cara di atas bisa bermanfaat untuk Anda yang suka traveling khususnya penyuka kuliner daerah.

(YG)

Comment di sini