CiriCara: Cara Menghadapi Polisi Saat Ditilang

by
November 29th, 2012 at 1:27 pm

CiriCara.com – Bagi kamu pengendara kendaraan bermotor, menghadapi tilang polisi sudah menjadi hal yang biasa. Pengalaman ditilang polisi seakan jadi hal yang menakutkan saat dalam berkendara. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Penilangan biasanya terjadi karena kamu tidak memiliki surat-surat lengkap ataupun melanggar peraturan lalu lintas. Tapi terkadang, ada juga polisi yang menilang kamu padahal kamu tidak bersalah. Hal ini tentu akan membuat kamu kesal.

Sebelum mencoba hal-hal yang aneh, ada baiknya kamu mengikut cara-cara berikut ini:

1. Tetap santai dan tenang

Semua orang yang terkena tilang kebanyakan akan langsung panik dan berpikir negatif. Misalnya, “Aduh, mampus dah”, “Duh! Harus gimana nih?”, “Sial, bakalan keluar duit nih ujung-ujungnya,”. Cobalah untuk tenang agar kamu bisa berpikir jernih. Jangan keluarkan pikiran negatif dulu, apalagi jika kamu merasa tidak bersalah. Polisi juga manusia, jadi jangan takut.

2. Jangan emosi

Ketika kamu bingung karena tiba-tiba distop polisi, tanyakan alasannya dengan santai jangan emosi. Kalaupun kamu merasa tidak bersalah, sampaikan alasan dengan cara yang baik. Karena jika kamu emosi, maka polisi itu akan menilai kamu bersalah. Jadi, bersikap biasa saja dan tanyakan alasannya baik-baik. Ini bukan berarti kamu takut lho ya.

3. Beri penjelasan yang masuk akal

Saat kamu dimintai keterangan, cobalah untuk memberikan penjelasan yang masuk akal. Jika kamu merasa tidak bersalah, jelaskan kronologinya dengan singkat, padat, dan tepat. Sikap seperti ini akan memberikan nilai positif bagi diri kamu atas pembelaan yang dilakukan. Jika bersalah, maka akuilah kesalahan kamu. Namun tetap berikan alasan yang masuk akal agar hukumannya tidak terlalu berat.

4. Bernegosiasi dengan baik

Saat surat tilang dikeluarkan oleh polisi, ini saatnya kamu bernegosiasi. Sudah menjadi rahasia umum jika ada oknum polisi yang meminta bayaran saat menilang. Jika kamu ingin selesai di tempat, maka kamu harus membayar. Agar tidak terlalu mahal, kamu bisa merendah diri di depan polisi. Misalnya, “Saya cuma mahasiswa Pak”, “Saya pengangguran Pak” atau “Saya belum gajian Pak”. Cara seperti ini biasanya ampuh untuk menurunkan biaya tilang tadi. Jika tidak mau bayar, kamu bisa mengurusnya sampai di persidangan.

5. Ucapkan terima kasih

Jika sudah selesai perkaranya (disidang atau bayar di tempat), ucapkanlah terima kasih. Walau hati masih kesal, ada baiknya ucapkan terima kasih. Tujuannya agar polisi ini sadar dan mau bersikap baik pada pengendara lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba saat berhadapan dengan Polantas. Jika tidak ingin ditilang, patuhilah peraturan lalu lintas dan lengkapi surat berkendara kamu. (YG)

Comment di sini