Demi Cegah Kanker, Fiona Potong Payudaranya

by
November 29th, 2012 at 10:45 am

CiriCara.com – Seorang guru TK (taman kanak-kanak), Fiona Luscombe patut diacungi jempol karena telah mengambil keputusan yang sulit sekaligus sangat penting dalam hidupnya.

Dailymail.co.uk, melaporkan bahwa gadis 23 tahun ini memutuskan untuk melakukan mastektomi ganda atau lebih sering dikenal sebagai operasi pengangkatan kedua payudara.

SWNS/Daily Mail

Hal yang menyebabkan Fiona berani mengambil keputusan itu ialah karena dirinya membawa gen BRCA2, gen penyebab kanker payudara yang diturunkan dari kakek dan ibunya.

Baik kakek dan ibunya, keduanya tewas setelah berjuang sangat keras untuk melawan sel kanker payudara yang bersarang pada tubuh mereka.

Setelah melewati beberapa proses pemeriksaan, pihak dokter menyatakan bahwa dalam tubuh Fiona terdapat gen pembawa kanker yang diwarisi oleh kakek dan ibunya itu. Sedangkan pada kakak perempuan Fiona, gen tersebut tidak ada. Dengan kata lain, Fiona memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker payudara.

Fiona yang sekarang masih berusia 23 tahun, tidak ingin mengambil risiko dengan berdiam diri dan menunggu sel kanker tersebut mulai menggerogoti tubuhnya. Sebab, sang ibu ketahuan mengidap penyakit kanker payudara itu pada usia 32 tahun.

Oleh karena itu, dia memutuskan menjalani operasi pengangkatan payudara sekaligus operasi implantasi payudara sebagai gantinya.

SWNS/Daily Mail

Kedua operasi itu dilakukan di rumah sakit St. Michael di Hayle, Cornwall, Inggris. Operasi yang dilakukan 9 minggu yang lalu itu berjalan sangat lancar, sehingga kini Fiona bisa kembali terlihat seperti wanita normal.

Menurut Fiona, hal ini merupakan jalan terbaik untuk memperkecil risiko mengidap penyakit kanker payudara seperti apa yang diderita ibu dan kakeknya.

Mengetahui riwayat kesehatan keluarga Fiona, sang tunangan, Chris Warn tidak mundur dan meninggalkannya. Dia malah menyetujui dan memberi dukungan pada kekasihnya ini. Chris malah mengaku bangga dengan keberanian Fiona dalam mengambil keputusan sulit seperti itu.

Apa yang dilakukan Fiona memang sesuai dengan pribahasa “lebih baik mencegah daripada mengobati”.

(yk)

Huffington Post

Comment di sini