Diserang Pendukung Gus Dur, Sutan Akhirnya Minta Maaf

by
November 29th, 2012 at 11:21 am

Jakarta (CiriCara.com) – Sutan Bhatoegana, Wakil DPP Partai Demokrat yang juga anggota DPR terpaksa menanggung akibat pernyataannya di media massa tentang tuduhan korupsi terhadap Gus Dur.

Pernyataan kontroversial itu langsung menyulut amarah dari para pendukung Gus Dur (Gusdurian dan Nahdiyin) di seluruh Indonesia. Sutan dianggap melecehkan Gus Dur dari sudut pandang Adhie M Massardi, mantan Juru Bicara Gus Dur. Saat itu keduanya diundang di acara yang sama di sebuah stasiun televisi swasta.

Tribunnews

Adhie menyindir kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan Ketua Dewan Pembina Demokrat. Tak terima, Sutan lalu membalas dengan menyebut bahwa Gus Dur telah terlibat kasus korupsi Buloggate dan Bruneigate.

Akibat pernyataan itu, massa pendukung Gus Dur terus bergerak mengecam pernyataan Sutan hingga Rabu, 28 November 2012 kemarin. Mereka menolak pernyataan minta maaf yang hanya datang dari Anas Urbaningrum selaku Ketua Umum Partai Demokrat tidak cukup.

Hampir setiap daerah di Nusantara, pendemo terus menuntut agar Sutan minta maaf secara terbuka kepada media dalam waktu 2×24 jam. Jika tidak, massa mengancam akan melakukan demo yang lebih besar hingga ke kediaman Sutan Bhatoegana.

Walau mendapat dukungan dari Anas Urbaningrum, namun di sisi lain, Marzuki Alie yang juga merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat malah mendukung agar Sutan ditindak tegas.

Meski pada awalnya Sutan menolak anggapan telah menyebut Gus Dur korupsi akhirnya setelah mendapat desakan dari berbagai pihak, Sutan mau tampil ke hadapan publik untuk meminta maaf.

Bahkan Sutan akan menemui Sekretaris Jengeral (Sekjen) Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU), H Iqbal Sullam. Pertemuan ini dilakukan untuk meminta maaf secara terbuka.

“Saya akan coba menyelesaikan ini dengan cara yang baik, saya mau ketemu Sekjen PBNU, sekarang lagi tunggu dia (Sekjen PBNU) ada di Polda,” kata Sutan Bathoegana di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu, 28 November 2012 seperti dikutip Merdeka.com.

Namun pria yang gagal mencalonkan diri menjadi Gubernur Sumatera Utara ini tetap meminta Adhie Massardi agar meminta maaf karena telah menghina SBY.

Dengan permintaan maaf yang akan dilakukannya secara terbuka, akankah Sutan Bhatoegana tetap ditindak secara hukum atau bebas begitu saja? (RN)

Comment di sini