Nokia Menang, BlackBerry Terancam Diblokir

by
November 29th, 2012 at 1:57 pm

California (CiriCara.com) – Vendor asal Kanada, Research In Motion (RIM) yang terkenal lewat produk BlackBerry dinyatakan kalah dalam pengadilan melawan Nokia.

Di Amerika Serikat, Nokia menuntut agar pengadilan kasus ini untuk mencegah RIM menjual produk yang memiliki kemampuan WLAN (wireles local area network).

Dilansir dari Detik.com, Nokia meminta aturan ini diberlakukan kepada RIM sehingga pembuat BlackBerry ini setuju membayar royalti atas paten yang dilanggar. Hakim juri atas kasus ini menyakan RIM telah melanggar kontrak.

Selama dua tahun lebih, pihak Nokia dan RIM telah mendiskusikan kesepakatan mengenai pelanggaran WLAN ini, namun diskusi tidak berjalan dengan baik sehingga pada tahun 2003, kedua vendor menandatangani perjanjian lisensi silang untuk standar paten seluler.

Kesepakatan ini diubah pada 2008 dan tiga tahun kemudian, RIM mencari arbitrase dengan mengeluarkan argumen bahwa lisensi harus diperluas hingga mencakup paten WLAN.

Jika permintaan Nokia dikabulkan maka produk RIM bisa diblokir juga di Kanada dan Inggris. Menurut para analis, RIM harus menghadapi kemungkinan terburuk karena bisa berdampak pada sisi finansial walaupun volume penjualan di ketiga negara tadi masih sangat kecil.

Peperangan paten memang menjadi sebuah fenomena baru di kalangan pencipta gadget di seluruh dunia. Selain RIM yang berseteru melawan Nokia, Apple juga masih terus berseteru dengan Samsung. Bahkan rencananya, Apple akan menggugat 6 produk Samsung yang dianggap telah melanggar paten. (RN)

Comment di sini