Terkuak! Rencana AS untuk Meledakkan Bulan dengan Nuklir

by
November 29th, 2012 at 2:37 pm

CiriCara.comPerang Dingin (Cold War) yang melibatkan 2 negara adidaya di dunia, yaitu Amerika Serikat dan Rusia (dulunya Uni Soviet) terjadi antara tahun 1947 hingga 1991.

Perang yang disebabkan oleh terjadinya ketegangan politik dan militer antar kedua negara tersebut, menyulut terjadinya berbagai perang seperti perang Vietnam, Krisis Rudal Kuba, dan sebagainya.

Fakta baru, terungkap. Sekitar tahun 1950-an, AS menyiapkan sebuah nuklir yang siap untuk meledakkan bulan.

Daily Mail

Daily Mail

Proyek rahasia ini diberi nama “A Study of Lunar Research Flights”, singkatnya “Project A119”. Ada 2 orang kunci yang terlibat dalam proyek rahasia ini, mereka adalah Carl Sagan, seorang astronom, dan Leonard Reiffel, seorang fisikawan.

Kedua orang ini adalah orang yang bertanggung jawab atas proyek tersebut. Namun, proyek yang melibatkan perhitungan matang Carl Sagan, terkait debu dan gas yang diakibatkan oleh ledakan itu, tidak pernah dilakukan.

Diketahui pula bahwa kedua negara yang bersitegang pada Perang Dingin ini, juga berlomba-lomba dalam memajukan perkembangan teknologi antariksa. Salah satunya, mereka berlomba-lomba untuk menjadi negara pertama yang mendaratkan manusia ke bulan. Ternyata Amerika lebih unggul atas hal ini berkat Presiden John F. Kennedy.

Kabarnya, Sagan yang kemudian terkenal lewat program pengetahuan di televisi, mengungkapkan tentang proyek tersebut bahwa mungkin saja pada tahun 1959, dia melakukan pelanggaran terhadap keamanan makhluk hidup di Bumi jika melaksanakan peledakan nuklir tersebut ke bulan.

Corbis/Daily Mail

Hal ini juga dibenarkan oleh Leonard, yang sekarang menjadi bagian di Institut Teknologi Illinois. Kabarnya, nuklir buatan AS itu akan dibawa ke lokasi yang tidak disebutkan namanya. Kemudian, rudal dipersiapkan untuk membawa nuklir tersebut, dan keduanya akan diluncurkan dengan menempuh jarak sekitar 39.000 km menuju bulan.

Jika ledakan itu benar-benar dilakukan, entah bagaimana jadinya Bumi dan segala makhluk yang tinggal di permukaannya. Tentu dampak dari ledakan nuklir di bulan itu, akan terasa sampai ke Bumi juga.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, tujuan AS merancangkan proyek rahasia untuk meledakkan bulan ialah supaya mereka lebih unggul dari Uni Soviet pada masa itu.

Untunglah perang antar kedua negara adidaya ini sudah berakhir, sehingga tidak menambah jumlah perang yang terjadi di Bumi ini. (yk)

Daily Mail

Comment di sini