8 Bumbu yang Wajib Tersedia di Dapur

by
November 30th, 2012 at 4:27 pm

CiriCara.comUrusan dapur umumnya diidentikan dengan wanita. Tapi, sekarang ini lebih banyak pria yang berprofesi sebagai koki. Setuju?

Bagi kamu yang hobi masak, tentu sudah tidak asing dengan berbagai bahan makanan dan bumbu-bumbu dapur yang sering dibutuhkan untuk memasak.

Tahukah kamu, kalau bumbu-bumbu di bawah ini wajib ada di dapur kamu. Alasannya, ke-8 bumbu ini merupakan bumbu dasar yang paling dibutuhkan saat memasak.

Apa saja bumbu-bumbu tersebut? Simak penjabarannya di bawah ini:

1. Garam

Tidak ada garam maka masakan kamu akan terasa hambar. Dengan garam, masakan akan menjadi lebih gurih. Oleh karena itu, garam merupakan bumbu dasar yang harus selalu tersedia di dapur kamu. Bayangkan jika tidak ada garam!

2. Lada/merica

Sama halnya dengan merica. Umumnya, orang menambahkan merica sebagai penghilang bau amis pada masakan seperti telur, atau ikan. Itulah sebabnya, kebanyakan orang akan menambahkan garam dan lada saat membuat telur mata sapi (telur ceplok). Tetapi, jika merica ditaburkan berlebih, maka rasa masakan menjadi pedas. Hati-hati menggunakan bahan yang satu ini!

3. Gula

Tidak kalah pentingnya dengan garam dan merica, gula pun harus selalu siap di dapur kamu. Gula biasa digunakan orang-orang sebagai pengganti vetsin atau micin (penyedap rasa) pada masakan. Namun, sebenarnya, bumbu yang satu ini lebih sering dipakai untuk penambah rasa manis pada minuman.

4. Bawang putih

Tidak ketinggalan bumbu yang satu ini. Bawang putih sangat berjasa untuk menimbulkan suatu aroma khas pada masakan. Khusus untuk masakan daerah Timur Tengah, Asia, Eropa selatan, dan Amerika selatan; bawang putih merupakan elemen utama dalam membuat makanan. Pastikan, bawang putih selalu ada di dapurmu!

5. Bawang merah

Selain mengingatkan kita pada kisah legenda “Si bawang merah dan bawang putih”, kedua bumbu ini pun sering dipakai secara bersamaan. Apalagi untuk masakan Asia, jika ada bawang putih, pasti ada bawang merah juga. Selain digunakan untuk bumbu masakan, bawang merah juga sering digunakan pada sambal kecap, acar, bawang goreng, dan sebagainya.

6. Jahe

Tekstur rasa pedas dan hangat yang dimiliki jahe, membuat bumbu yang satu ini biasa dipakai untuk masakan berkuah, dengan tujuan menimbulkan kesan hangat. Misalnya, pada sayur ayam kembang tahu. Selain itu, ada beberapa orang yang suka menambahkan jahe di bubur kacang hijau. Adapula yang suka membuat air jahe hangat yang ditambahkan gula merah, biasanya disebut wedang jahe oleh orang Jawa. Jadi, jahe juga merupakan salah satu bumbu populer yang harus tersedia di dapur.

7. Cabai

Bagi kamu, pencinta masakan pedas, bumbu yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Cabai sering dipakai untuk memberikan rasa pedas pada masakan. Umumnya, orang akan menggunakan cabai untuk membuat sambal. Dengan kata lain, bumbu ini harus tersedia di dapur jika kamu termasuk orang yang tidak bisa makan kalau tidak ada cabai/sambal.

8. Lengkuas/laos

Sebagian orang lebih akrab menyebutnya lengkuas, tapi ada pula yang sering menyebutnya laos. Bumbu dapur yang memiliki wangi khas ini sering dipakai untuk bumbu pelengkap di samping bawang merah dan bawang putih. Banyak masakan Indonesia yang mengandalkan wangi khas dari lengkuas ini.

Itulah 8 bumbu yang harus selalu tersedia di dapurmu, jika kamu hobi memasak atau baru mulai belajar memasak. Ayo dilihat persediaan bumbu-bumbu tersebut di dapurmu. (yk)

eHow

Comment di sini