Bahkan Bos Yahoo Sebut BlackBerry Bukan Smartphone

by
November 30th, 2012 at 10:35 am

CiriCara.com – Pamor BlackBerry tengah meredup di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Beberapa lembaga resmi pemerintah serta perusahaan di negara itu memutuskan untuk tidak memakai BlackBerry lagi.

Perusahaan Teknologi Informasi (TI) besar di Amerika Serikat, Yahoo secara gamblang menyatakan pemutusan hubungan dengan BlackBerry. CEO Yahoo, Marissa Mayer memprakarsai keputusan pindah dari BlackBerry ini mulai bulan September 2012 lalu.

Docreno

Marissa bertekad untuk beralih ke smartphone lain. Bahkan dalam wawancara dengan Fortune pada Selasa, 27 November 2012 lalu, CEO cantik ini berulang kali menyebutkan bahwa ia ingin karyawannya untuk beralih dari BlackBerry ke smartphone lainnya.

Dilansir dari Kompas.com, pernyataan kepada majalah Fortune ini bisa diartikan bahwa Marissa tidak lagi memandang BlackBerry sebagai smartphone atau ponsel pintar.

Dalam wawancara itu, Marissa Mayer menyebut beberapa sistem operasi perangkat mobile yang populer yaitu Android, iOS, dan Windows 8. Namun Marissa tidak menyebut nama BlackBerry, entah disengaja atau tidak.

Hal itu semakin mempertegas bahwa sang CEO benar-benar akan mengubah haluan Yahoo untuk beralih total dari BlackBerry.

Pada bulan September lalu, Marissa Mayer mengadakan program pemberian smartphone cuma-cuma bagi karyawan Yahoo di Amerika Serikat. Mereka dapat memilih smartphoen terkini dengan sistem operasi yang berbeda-beda yaitu iPhone 5 (iOS), Samsung Galaxy S3, HTC One X, HTC Evo 4G LTE (Android), dan Nokia Lumia 920 (Windows Phone 8).

Walau Marissa Mayer tidak menyebut BlackBerry sebagai smartphone namun perangkat ini masih bisa disebut sebagai smartphone meskipun banyak pengguna yang membeli perangkat dengan sistem operasi lain seperti Android dan iOS.

Alasannya, BlackBerry tidak bisa memenuhi semua kebutuhan komputasi mobile penggunanya. Research in Motion (RIM) produsen BlackBerry memang tengah terpuruk. Namun di tengah krisis itu, RIM sedang bersiap meluncurkan sistem operasi terbarunya BlackBerry 10.

Bisakah sistem operasi BlackBerry 10 ini menarik kembali simpati Yahoo? Biar Marissa Mayer sendiri yang akan memutuskan nanti. (RN)

Comment di sini