CiriCara: Cara Agar Mata Tidak Kering

by
November 30th, 2012 at 9:04 am

CiriCara.com – Mata kering terkadang dialami oleh beberapa orang, khusunya masyarakat yang tinggal di perkotaan. Polusi udara, cuaca kering, dan terlalu lama di depan monitor bisa menyebabkan mata kering, perih, dan gatal. Selain itu, semakin tua usia seseorang juga bisa mengalami mata kering kronis, terutama bagi wanita yang sudah menopouse. Hal tersebut dikarenakan kadar estrogen yang menurung sehingga mempengaruhi produksi mata.

Mata kering atau keratokonjungtivitas terjadi karena air mata tidak mampu melapisi atau membasahi mata dengan baik, Padahal, air mata sangat penting untuk membersihkan kotoran pada mata maupun mengeleuarkan benda asing yang masuk ke dalam mata. Kondisi mata kering bisa merusak dan menganggu penglihatan Anda.

Agar mata Anda tidak mengalami kekeringan, sebaiknya bisa Anda cegah dengan 5 cara berikut ini:

1. Mengistirahatkan mata dari monitor

Terlalu lama berada di depan monitor untuk bekerja bisa menyebabkan mata Anda kering. Untuk itu, Anda disarankan agar mengistirahatkan mata setiap satu jam sekali. Istirahatkanlah mata Anda selama 1 menit setiap satu jam sekali.

2. Memakai tetes mata

Memakai tetes mata bisa meredakan mata kering dan mengurangi rasa tidak nyaman pada mata. Anda bisa meneteskan obat tetes mata setiap beberapa jam jika mata terasa sangat kering dan perih. Namun, hati-hati dengan obat tetes mata yang menggunakan pengawet, sudah kadaluwarsa, dan penyimpanan yang tidak bersih.

3. Memijat mata

Dilansir dari Prevention.comAndrew Weil, MD, direktur Arizona Center for Integrative Medicine dan seorang profesor kedokteran klinis di University of Arizona menyarankan untuk memijat mata untuk mencegah mata kering. Caranya dengan menggunakan ibu jaari untuk memijat lembut alis Anda. Mulailah dari daerah antar alis kemudian pijatlah dengan tekanan ringan sepanjang tulang di bawah alis. Setelah selesai, buka mata Anda lebar-lebar dan tarik napas dalam-dalam.

4. Jangan terlalu lama memakai lesa kontak

Menggunakan lensa kontak juga salah satu penyebab yang membuat mata kering. Untuk itu, jangan terlalu lama menggunakan lensa kontak agar mata bisa beristirahat lebih lama. Jika telah selesai beraktivitas dan tiba di rumah, maka segera lepaskan lensa kontak.

5. Meningkatkan asupan omega-3

Omega-3 terbukti membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk mata. Peradangan inilah yang seringkali menjadi penyebab utama mata kering. Untuk itu, Anda bisa meningkatkan asupan makanan yang mengandung omega-3, seperti ikan atau suplemen minyak ikan.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan agar mata tidak terasa kering. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak mengedipkan mata saat bekerja di depan monitor. Terkadang, seseorang yang terlalu berkonsentrasi bekerja sampai lupa untuk mengedipkan mata. Dengan begitu, Anda akan memperoleh mata yang sehat dan mata menjadi tidak cepat kering. (NR)

Comment di sini