Singkatan Kata “LOL” Berhubungan dengan Setan?

by
November 30th, 2012 at 1:11 pm

CiriCara.com – Akronim merupakan kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata. Bagi Anda yang aktif di situs jejaring sosial, tentunya sering menemukan dan menggunakan akronim-akronim, seperti LOL, ROFL, BRB, BTW, dan akronim lainnya. Singkatan kata yang digunakan seseorang saat menggunakan situs jejaring sosial memang lucu-lucu.

Belum lama, remaja Indonesia juga digemparkan dengan singkatan kata “ciyus” dan “miapah”. Kedua singkatan kata tersebut sempat menjadi heboh di kalangan media sosial, bahkan media elektronik, seperti televisi dan radio. Kabarnya, kedua singkatan itu memang berasal dari situs jejaring sosial.

Namun, ada kabar bahwa akronim-akronim tersebut merupakan singkatan yang berhubungan dengan setan. Apakah benar?

Akronim OMG, LOL, BRB. ROFL, dan lain sebagainya itu memang sering digunakan oleh para pengguna situs jejaring sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, Path, dan situs jejaring sosial lainnya. Namun, kabar yang didapat dari Livescience.com, akronim itu dianggap kerap digunakan oleh para pemuja setan.

Akronim LOL atau Laughing Out Loud dan ROFL atau Rolling On the Floor Laughing memang kerap dgunakan oleh para pengguna situs jejaring sosial. Kedua akronim tersebut untuk mengekspresikan tertawa terbahak-bahak.

Namun, ada pula yang mengartikan bahwa LOL merupakan singkatan dari Lucifer Our Lord. Istilah itu biasanya digunakan untuk pemujaan yang dilakukan para pemuja Lucifer. Lucifer merupakan nama yang seringkali diberikan kepada iblis dalam keyakinan Kristen karena penafsiran tertentu atas sebuah ayat dalam Kitab Yesaya.

Selain itu, ada juga yang memparodikan ROFL menjadi Rise, Our Father, Lucifer yang memang terdengar kalimat untuk memuja setan. BRB yang artinya Be Right Back atau akan segera kembali juga diparodikan menjadi Beelzebub Rules Below. Beelzebub merupakan nama yang dipercaya bangsa Yahudi kuno sebagai dewa di kota Ekron, di Philistines, nama kuno untuk wilayah yang sekarang dikenal dengan sebutan Palestina. Selain itu, ada juga yang menyebut Beelzebub sebagai perwujudan setan.

Dilansir sumber yang sama, sebuah kelompok yang menamakan dirinya Westboro Baptist Church menyarankan kepada pengguna internet agar tidak lagi menggunakan istilah-istilah, seperti LOL, BRB, dan lain sebagainya karena akronim tersebut merupakan kata lain dari penyembahan setan.

Pro dan kontra akan arti akronim tersebut memang kerap muncul hingga saat ini. Pada tahun 2008, Katherine Barber, Chief Editor dari Canadian Oxford Dictionary menjelaskan bahwa akronim-akronim tersebut memang mirip dengan apa yang digunakan telegraf pada zaman dahulu.

Selain itu, Barber juga menjelaskan bahwa menggunakan akronim-akronim tersebut bukanlah suatu hal yang tidak sopan. Pemakaian singkatan kata tersebut berfungsi sebagai pemendek kata atau kalimat dengan penggabungan huruf kapital dan angka.

Dilansir dari Mashable.com, penggunaan akronim tersebut sebenarnya tergantung situasi dan siapa yang menggunakannya. Misalnya, LOL dalam terminologi dunia kesehatan memiliki arti Little Old Lady atau nenek-nenek bungkuk.

Jadi, bisa ditarik kesimpulannya bahwa pengguna akronim-akronim tersebut di internet tergantung siapa yang memakainya, untuk apa, dan dalam kondisi atau konteks apa. (NR)

Comment di sini