CiriCara: Cara Bijak Menggunakan Fitur Tag/Tanda di Facebook

by
December 1st, 2012 at 9:00 am

CiriCara.com – Fitur tag/tandai yang ada pada Facebook merupakan salah satu dari sekian banyak fitur yang mempunyai nilai kemanfaatan yang besar untuk orang lain.

Misalnya, ketika sebuah konten video atau foto di-tag kepada orang yang membutuhkan konten tersebut, maka rasa terimah kasihlah yang akan didapatkan oleh si pengguna yang men-tag konten yang dibutuhkan tadi.

Tetapi lain halnya jika konten yang di-tag bukanlah konten yang dibutuhkan oleh si pengguna lainnya. Yang didapat bisa jadi malah komentar pedas jika Anda tidak bijak menggunakan fitur tag.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, CiriCara.com akan mengulas mengenai bagaimana cara men-tag orang lain pada sebuah konten di Facebook dengan bijak dan beretika. Berikut beberapa hal yang bisa Anda perhatikan :

1. Pilih konten yang pas

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilah konten yang sekiranya pas dengan pengguna yang sekiranya membutuhkan. Misalnya, foto wisuda atau konten video kemenangan Anda dalam sebuah perlombaan, bukan foto yang dianggap jorok. Usahakan untuk selalu mempertimbangkan konten yang akan di-tag kepada pengguna lainnya tersebut. Jangan sampai sasaran konten yang akan di-tag-kan tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan pengguna yang di-tag.

2. Meminta izin

Tips kedua yang menjadi krusial adalah meminta izin kepada sasaran pengguna yang akan diberi tag. Usahakan untuk izin terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk memberikan tanda. Jika pengguna yang akan Anda beri tersebut sudah mengizinkan, maka Anda pun bisa leluasa untuk men-tag konten tersebut tanpa harus takut terkena komentar pedas dan hujatan. Mintalah izin lewat pesan dinding, atau bila sungkan, bisa melalui pesan pribadi.

3. Pahami fungsi tag

Tips bijak ketiga yang bisa Anda perhatikan adalah memahami fungsi tag itu sendiri. Fitur tag dibuat oleh pihak Facebook tidak untuk menaikkan popularitas dan pencitraan berlebihan untuk penarik perhatian ke semua orang. Berarti jelas disini, fitur tag yang dimaksudkan adalah fitur tag yang tidak berlebihan dan membabi buta.

Banyak kasus penggunaan tag tidak bijak yang terjadi di lapangan seperti tag berlebihan seorang penjual online dengan foto-foto katalog penjualan yang di-tag ke semua pengguna Facebook yang ada pada akunnya.  Potret seperti inilah yang menjadikan pengguna lain risi dan terganggu dengan banyaknya tag konten yang diarahkan kepadanya.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa diberikan CiriCara.com mengenai cara menggunakan fitur tag konten dengan bijak dan beretika di Facebook. Semoga dengan ulasan ini, Anda lebih bijak dan lebih berhati-hati lagi dalam men-tag konten di Facebook, agar terhindar dari komentar miring pengguna lain. (AD)

Comment di sini