CiriCara: Cara Mencari Pekerjaan Lewat Twitter

by
December 2nd, 2012 at 3:55 pm

CiriCara.com – Bila dulu pencari kerja harus membeli atau meminjam koran untuk mencari informasi lowongan pekerjaan terbaru, kini mereka tinggal duduk di depan komputer berkoneksi internet karena sudah ada banyak situs yang menyajikan informasi terkini seputar lowongan kerja.

Tapi ada cara lain selain menelusuri situs-situs katalog lowongan kerja, yaitu mengubek-ubek Twitter. Berbeda sekali dengan situs-situs katalog kerja, Twitter memiliki fitur yang berguna bagi pencari kerja.

Berikut ini CiriCara.com sudah merangkum tips tentang cara mencari pekerjaan lewat Twitter:

1. Penelusuran dengan fitur tagar

Anda bisa memasukkan kata kunci dan jenis pekerjaan yang Anda inginkan di kolom search/penelusuran. Anda bisa memasukkan tagar agar hasil pencarian yang didapat bisa lebih akurat, contohnya “#lowongan kerja mahasiswa” atau “#lowongan”.

Atau kalau mau lebih spesifik lagi, Anda juga dapat menyisipkan lokasi pekerjaan yang Anda inginkan, misalnya “#lowongan kerja jakarta” atau “#loker bank bandung”. Perlu diketahui  bahwa penyisipan tagar di dalam penelusuran juga akan menampung topik yang mirip dengan kata kunci yang ditagarkan, jadi kemungkinan kecil ada yang hilang dari semua kata kunci yang Anda masukkan.

2. Follow pemimpin perusahaan

Tips kedua yang bisa Anda pergunakan adalah dengan mem-follow para pemimpin perusahaan atau Twitter resmi dari sebuah perusahaan yang ada di suatu daerah. Lantas apa gunanya menjadi follower pemimpin atau Twitter perusahaan tersebut? Alasannya adalah untuk selalu mendapatkan informasi lowongan yang ada di dalamnya. Bukan tidak mungkin Twitter yang dipakai sebagai media publikasi tersebut tidak menampilkan info karier yang ada pada perusahaan tersebut selain profil dan info penting perusahaan lainnya.

3. Bijak bermedia sosial

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah selalu memperhatikan tweet yang Anda lontarkan. Kicauan-kicauan yang Anda lontarkan harus memiliki nilai manfaat dan selalu berhati-hatilah dengan setiap perkataan atau konten yang Anda publikasikan. Aspek-aspek profesionalisme dan kredibilitas seseorang bisa dilihat dari kegiatan bermedia sosialnya.

Dengan memperhatikan konten yang dilontarkan, Anda sudah mempunyai satu nilai plus yaitu personal branding yang bagus di mata pengguna lainnya. Jika saja personal branding sudah terbentuk tidak sulit untuk menemukan saran dan nasihat yang pas untuk Anda-Anda para pencari kerja.

Itulah beberapa teknik dalam memaksimalkan media sosial Twitter untuk mencari info pekerjaan. Semoga dengan pembahasan yang sudah diulas di atas bisa memberikan gambaran lebih detail kepada para pencari kerja yang masih belum dapat pekerjaan. (AD)

Comment di sini