Kenapa Tweet Kamu Tidak Pernah Di-retweet Orang?

by
December 2nd, 2012 at 11:00 am

CiriCara.com - Me-retweet status Twitter orang lain mungkin termasuk dari sekian banyak kegiatan kamu dalam kegiatan bermedia sosial menggunakan Twitter. Tetapi pernahkah kamu mengalami tweet yang kamu lontarkan di-retweet oleh orang lain?

Ini bisa diartikan bahwa keberadaan kamu dalam bermedia sosial tidak begitu berarti, karena hanya beberapa saja orang yang me-retweet status Twitter kamu. Lantas kira-kira apa saja yang menjadi alasan kenapa status Twitter kamu tidak pernah di-retweet oleh orang lain?

Simaklah ulasan dari CiriCara.com berikut ini :

1. Sedikit yang mengenal kamu

Alasan pertama yang menjadi alasan kenapa tweet kamu tidak pernah di-retweet yaitu kamu termasuk orang yang tidak terkenal dalam komunitas media sosial tersebut. Bukan berarti kamu harus menjadi selebriti atau orang terkenal dahulu untuk kembali bermedia sosial menggunakan Twitter. Yang dimaksudkan disini adalah pencitraanmu kepada follower yang mengikuti kamu tidak tertarik dengan konten yang kamu sajikan.

Solusi yang bisa kamu pergunakan adalah mengubah cara memilih konten yang akan di-tweet kepada pengguna lainnya. Berikanlah konten yang bermanfaat dan benar-benar mencitrakan keberadaan kamu di dalam konten tersebut.

Misalnya kamu seorang relawan bencana alam dan benar-benar sering terjun untuk membantu orang lain yang  ada di suatu daerah. Berikanlah citra dan konten seorang relawan dalam setiap tweet yang akan di posting. Dengan seperti itu kamu akan dianggap ada di dalam lingkungan tersebut.

2. Pemilihan konten tidak menarik

Alasan kedua yang sering menimbulkan permasalahan adalah keberadaan konten yang kamu tweet tidak menarik dan memiliki nilai manfaat yang rendah di kalangan pengikutmu. Konten menarik adalah salah satu komponen penting jika kamu ingin orang lain me-retweet status kamu.

Usahakan untuk tidak berlebihan dalam mengisi konten sehingga membuat pengguna lainnya merasa risi terhadap tweet kamu. Jika kamu seorang pelaku usaha, usahakan  kamu tidak terlalu sering berpromosi secara berlebihan kepada pengguna lainnya.

3. Sering “mengemis”retweet dan follow back

Alasan ketiga yang menjadi keengganan follower kamu untuk me-retweet adalah kamu sering meminta-minta retweet dan follow back. Banyak sekali orang mengganggap hal ini sebagai pencari perhatian yang berlebihan. Oleh karen itu banyak orang tidak menyukai hal ini. Jangankan untuk me-retweet, pengguna dengan tipe-tipe seperti ini jarang sekali mau untuk membaca konten yang kamu tweet. Jadi kemungkinan besar tweet kamu tidak laku.

4. Konten tweet sulit di-retweet

Alasan terakhir yaitu masalah teknis dalam penulisan tweet. Penggunaan jumlah karakter yang berlebihan adalah salah satu contohnya. Pengguna lain kesulitan untuk me-retweet jika penulisan tweet yang kamu lakukan menyalahi aturan. Usahakan untuk tidak terlalu banyak hashtag, URL yang panjang atau tidak berfungsi dan judul yang terlalu panjang. Hal-hal itu lah yang menjadi kesulitan tersendiri bagi para pengguna lain yang ingin me-retweet tweet kamu.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan tweet kamu jarang untuk di-retweet. Semoga dengan adanya pembahasan ini kamu bisa lebih bijak lagi dalam bermedia sosial di Twitter, agar kamu pun bisa melakukan proses interaksi yang baik antarsesama pengguna. Lihat tips agar tweet di-retweet banyak orang di sini. (AD)

Comment di sini