8 Manfaat Sabun Dalam Kehidupan

by
December 3rd, 2012 at 2:48 pm

CiriCara.com – Sabun biasanya digunakan seseorang pada saat mandi. Memakai sabun pada saat mandi sangat dianjurkan karena untuk menghilangkan kuman-kuman yang menempel di tubuh. Selain itu, sebelum Anda memulai makan disarankan juga untuk mencuci tangan dengan sabun.

Sabun memang sangat penting digunakan untuk kesehatan tubuh dan tangan. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata sabun juga bermanfaat bagi rumah tangga. Untuk apa saja? Berikut 8 manfaat sabun bagi rumah tangga:

1. Pembasmi serangga

Selama berabad-abad, sabun juga telah digunakan sebagai pestisida, zat pembunuh hama pada tanaman. Namun, jangan menggunakan lebih dari 2 sendok makan sabun ke dalam 3,8 liter air karena terlalu banyak sabun bisa mematikan tumbuhan. Zat yang terdapat pada sabun bisa merusak sel membran serangga, mematikannya dengan membuat mereka dehidrasi.

2. Pembersih lantai kayu

Sabun juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan lantai yang terbuat dari kayu. Namun, sabun harus berbahan alami dan mengandung banyak emolien, Sabun dengan kandungan emolien sangat baik untuk membersihkan lantai kayu rumah sehingga membuatnya mengkilap.

3. Pelicin karat

Gosokkan sabut pada mur atau baut yang berkarat untuk membuatnya kembali berfungsi dengan baik. Bisa juga Anda pergunakan untuk engsel pintu yang engselnya berderit. Pakailah sabun untuk melicinkan engselnya dan meredam bunyinya.

4. Pembersih bahan kulit

Sabun kuda atau pelana merupakan bahan zaman dulu yang bisa digunakan untuk membetrsihkan bahan-bahan kulit. Anda bisa membuatnya dengan cara mencampurkann bahan-bahan, seperti 56 gram minyak jojoba, 56 gram minyak zaitun, 28 gram parutan atau irisan sabun, 84 gram air, dan 28 gram alkohol. Panaskan minyak jojoba, zaitun, dan sabun dengan suhu medium. Setelah semuanya mencair, angkat dari kompor dan tambahkan air serta alkohol. Setelah itu, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Olahan ini bisa bertahan hingga 6 bulan jika Anda meletakkannya di dalam toples dengan tutup yang rapat.

5. Pencuci pakaian

Hampir setiap orang mencuci bajunya dengan menggunakan detergen. Jika Anda memiliki kualitas air rumah yang baik, maka lebih baik menggunakan sabun batangan berbahan alami untuk mencuci pakaian. Pada dasarnya, sabun batangan sangat baik untuk membersihkan kotoran pada pakaian.

6. Pembersih kaca

Sabun juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca yang baru. Setelah itu, Anda bisa membersihkannya dengan cuka. Saat kaca dibersihkan dengan sabun, hasilnya nampak bersih dan tidak kusam.

7. Anti kutu pada hewan peliharaan

Sabun dan air bisa Anda gunakan untuk membasmi kutu pada hewan peliharaan di mana kutu akan luruh bersama air setelah bulu hewan disabuni. Namun, jangan lupa juga untuk menyisir bagian kepala hewan saat disabuni. Tujuannya adalah agar kutu tidak berpindah ke bagian yang tidak terkena sabun.

8. Pembersih serba guna

Sabun adalah alkalin dan dikombinasikan dengan beberapa mineral, seperti baking soda, borak, atau washing soda yang bisa dipergunakan untuk beragam pekerjaan bersih-bersih.

Itulah manfaat sabun dalam kehidupan. Bagaimana, Anda mau mencoba membersihkan peralatan rumah tangga dengan sabun? (NR)

Comment di sini