Alasan Nil Maizar Mainkan Komposisi Baru Saat Lawan Malaysia

by
December 3rd, 2012 at 10:37 am

Kuala Lumpur (CiriCara.com) – Tim nasional Indonesia akhirnya gagal lolos ke babak semifinal Piala AFF 2012 setelah kalah dari Malaysia dengan skor 0-2. Banyak yang menilai Nil Maizar tidak memainkan pemain terbaik yang ada di Timnas. Kenapa bisa begitu?

Banyak pihak yang menganggap keputusan pelatih Timnas, Nil Maizar dalam menurunkan pemain di laga lawan Malaysia kurang tepat. Misalnya saja memainkan Andik Vermansyah di menit ke-34 untuk menggantikan Elie Aiboy dinilai terlambat.

Keputusan Nil yang memilih pemain naturalisasi Jhonny van Beukering ketimbang Bambang Pamungkas (Bepe) untuk jadi pemain pengganti pun menimbulkan pertanyaan besar. Pasalnya, Van Beukering masih dalam kondisi kurang sehat, karena cedera punggung.

Menanggapi kritikan tersebut, Nil pun menyampaikan sejumlah alasannya. Pertama mengenai Andik Vermansyah, Nil lebih memilih Elie Aiboy karena lebih berpengalaman dibanding Andik. Menurutnya, pengalaman Elie Aiboy akan menambah mental pemain lainnya.

“Saya butuh pemain berpengalaman seperti Elie Aiboy untuk mengangkat moral pemain,” kata Nil Maizar dalam konferensi pers setelah laga usai, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (3/12/2012).

Sementara mengenai Van Beukering, Nil beralasan bahwa pemain naturalisasi itu memiliki karakter yang tepat untuk menambah daya serang Timnas Indonesia yang sudah tertinggal 2 gol. Menurutnya, baik Bepe maupun Van Beukering memiliki kualitas yang bagus.

“Saya butuh pemain yang punya power dan Jhonny memiliki itu. Bukan artinya Bambang Pamungkas memiliki kualitas jelek, tapi ini sesuai kebutuhan tim,” jelas Nil yang merupakan mantan pelatih Semen Padang.

Pada laga lawan Malaysia, Sabtu 1 Desember 2012 lalu, komposisi pemain Timnas Indonesia hampir mengalami perubahan total. Sejumlah pemain yang belum pernah tampil diberi kepercayaan oleh Nil untuk tampil di laga penentuan itu.

Pada sepuluh menit babak pertama, Timnas Indonesia mampu tampil menjanjikan dengan sejumlah serangannya. Namun sayang, setelah kebobolan satu gol dari Malaysia, Timnas justru terlihat kehilangan konsentrasi dan malah kebobolan lagi.

Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2 dari tuan rumah Malaysia. Kekalahan ini menambah catatan buruk di kompetisi AFF karena Timnas tersingkir di babak penyisihan grup.

(YG)

Comment di sini