CiriCara: Cara Cerdas Memilih dan Menyimpan Telur

by
December 3rd, 2012 at 3:19 pm

CiriCara.com – Telur merupakan salah satu bahan makanan yang hampir disukai oleh masyarakat. Telur memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan untuk tubuh. Rasanya enak, mudah dicerna, dan cocok dikonsumsi untuk semua golongan umur, mulai dari anak-anak hingga para lansia.

Telur bisa diolah menjadi berbagai jenis lauk pauk yang lezat, seperti di rebus, di goreng, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan kualitas telur yang baik dan memiliki gizi, Anda harus cerdas memilih dan menyimpannya. Jika Anda salah menyimpan, maka lama-kelamaan telur akan membusuk. Bagaimana cata yang tepat memilih dan menyimpan telur? Dicuplik dari Female.Kompas.com, inilah tipsnya:

1. Kebersihan cangkang

Pilihlah telur yang cangkangnya bersih, mulus, tidak retak, dan berwarna cerah. Telur dengan ciri-ciri tersebut biasanya masih baru dan segar. Warna cangkang telur yang kusam atau keruh dan timbul bintik-bintik hitam biasanya menandakan telur tersebut sudah lama karena sudah berjamur.

2. Mengguncang telur

Telur yang bagus tidak mengeluarkan suara saat Anda guncangkan. Artinya, tidak ada bagian telur yang rusak, seperti kuning telur yang pecah.

3. Menyorot dengan lampu

Saat disoroti lampu, telur yang bagus akan terlihat jernih dan terang.

4. Masukkan ke dalam air

Telur yang baik akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.

5. Membersihkannya dengan benar

Jangan sekali-kali Anda mencuci telur jika baru dibeli. Mencuci telur hanya akan membuatnya rusak. Anda hanya disarankan untuk membersihkan cangkang telur dari kotoran yang menempel dengan menggunakan lap.

6. Simpan dalam lemari es

Anda bisa menyimpan telur ke dalam lemari es. Posisi telur sebaiknya berdiri dengan bagian yang lebih lebar berada di bawah. Memposisika telur seperti itu tujuannya adalah untuk menjaga posisi kuning telur tetap berada di tengah.

7. Jauhkan dari bahan makanan lain

Ketahuilah bahwa kulit telur itu berpori-pori. Untuk itu, jangan meletakkan telur berdekatan dengan bahan masakan berbau tajam, seperti jengkol. Jika meletakkannya berdekatan, maka olahan telur akan berbau jengkol juga.

Itulah cara tepat memilih dan menyimpan telur. Jika Anda pintar memilih dan menyimpan telur, maka telur tidak akan rusak. Selain itu, saat telur diolah tetap memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. (NR)

Comment di sini