CiriCara: Cara Hadapi Komentar Negatif di Kantor

by
December 3rd, 2012 at 3:59 pm

CiriCara.com – Pernahkah Anda mendapatkan kritikan dari rekan kerja pada saat di kantor? Kritikan yang didapat terkadang membuat Anda kesal dan membunuh kreativitas jika tidak ditanggapi secara baik.

Untuk menanggapi kritikan atau komentar negatif pada saat di kantor, Anda harus menghadapinya dengan cara yang tepat. Jangan sampai, permasalahan ini malah merusak karier Anda. Jika Anda mendapatkan komentar negatif dari rekan kerja, maka segera atasi dengan 7 cara ini yang dicuplik dari Allwomenstalk.com:

1. Hindari perdebatan

Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menghadapi komentar negaatif. Anda harus sebisa mungkin menghindari perdebatan karena tidak akan ada hasilnya. Cobalah untuk tetap tenang dan obyektif. Anda tentu memiliki hak untuk membela diri dan tunjukkan bahwa Anda mnerima kritikan mereka secara terbuka.

2. Ungkapkan

Tak ada salahnya jika Anda mengungkapkan ketidaknyamanan yang dirasakan. Anda bisa melakukannya secara langsung atau bertatap muka. Jangan sampai Anda menyampaikannya melalui email atau telepon karena malah akan timbul kesalahpahaman.

3. Bersikap positif

Bersikap positif bisa membantu Anda meredam amarah. Cara ini juga bisa membuat Anda merasa lebih tenang. Cobalah bersikap lebih empati terhadap mereka yang sering mengkritik Anda. Mungkin ada sesuatu yang bisa Anda petik dari komentar negatif yang mereka berikan.

4. Mengabaikan

Tidak perlu mengurusi masalah yang tidak penting jika tidak ada kaitannya dengan karier Anda sendiri. Respons yang Anda tunjukkan malah membuat mereka semakin senang dan merasa puas. Untuk itu, abaikan saja dan jangan sampai jatuh ke dalam perangkap mereka.

5. Bicara pada teman

Anda bisa bercerita kepada teman jika ingin melampiaskan keluh kesah. Tapi, Anda harus bercerita kepada orang yang benar-benar bisa dipercaya dan yang bisa memberikan solusi terbaik. Teman yang baik adalah teman yang mau memberikan solusi kepada temannya di saat sedang menghadapi suatu permasalahan.

6. Percaya diri

Tunjukkan pada mereka bahwa Anda bisa merespons suatu masalah dengan cara yang dewasa. Tak seperti mereka yang bersikap kekanak-kanakan. Untuk itu, Anda harus tetap percaya diri dan jangan takut untuk membela diri.

7. Jangan menyerah

Biarkan orang lain berkomentar mengenai diri Anda. Namun, yang terpenting adalah Anda bisa menghadapi semua permasalahan itu secara dewasa. Jangan biarkan komentar negatif itu mencederai kepercayaan diri Anda. Lakukan apa yang Anda suka dan jadilah diri sendiri.

Itulah 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi kritikan negatif pada saat di kantor. Jangan biarkan komentar orang lain itu membuat Anda jadi patah semangat. Anda harus bisa menghadapinya dengan cara dewasa agar pekerjaan kembali lancar. (NR)

Comment di sini