5 Jenis Makanan Untuk Mengatasi Jerawat

by
December 4th, 2012 at 3:10 pm

CiriCara.com – Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang dialami beberapa orang. Timbul satu jerawat saja di wajah bisa membuat seseorang tampil tidak percaya diri. Salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat adalah mengonsumsi makanan yang salah. Makanan yang mengandung banyak minyak dan tinggi gula bisa menyebabkan timbulnya jerawat di wajah.

Dilansir Totalbeauty.com, Elliot Weiss, MD, ahli dermatologi mengatakan bahwa pola diet yang salah bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh dan kulit. Diet juga bisa menyebabkan kulit Anda berjerawat. Weiss menyarankan agar Anda melakukan diet sehat guna mendapatkan tubuh dan kulit yang sehat dan cantik.

Saat timbul jerawat di wajah, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Selain bisa mengatasi jerawat, mengonsumsi makanan sehat juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat. Apa saja makanan tersebut? Inilah 5 jenis makanan untuk mengatasi jerawat di wajah:

1. Rempah-rempah

Saat wajah Anda mulai berjerawat, tambahkan konsumsi rempah-rempah dalam menu makanan. Misalnya cabai rawit dan biji cabai yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi jerawat. Jika tidak menyukai makanan yang terlalu pedas, maka Anda bisa mengonsumsi jenis daun aromatik, seperti mint, rosemary, dan thyme.

2. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang busa membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi jerawat. Selain itu, yoghurt juga bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa mengonsumsi yoghurt 1-2 kali sehari. Agar hasilnya maksimal, Anda juga bisa kombinasikan yoghurt dengan buah-buahan yang mengandung kaluim, seperti pisang.

3. Dark chocolate

Kandungan antioksidan yang ada pada cokelat murni mampu melindungi kulit dan tubuh dari radikal bebas. Daripada Anda memakan banhyak permen dan gula buatan, lebih baik ganti asupan manis tersebut dengan memakan dark chocolate.

4. Sayur yang mengandung banyak air

Sayuran yang memiliki banya kandungan air, seperti mentimun bisa mengatasi jerawat. Selain itu, mentimun juga memiliki efek untuk mendinginkan kulit dan meredakan radang karena jerawat. Kandungan air dalam sayur menjadi kunci untuk menghilangkan semua racun dan kotoran dari kulit. Selain mentimun, Anda juga bisa mengonsumsi wortel dan kentang yang bagus untuk detoksifikasi tubuh dan kulit karena mengandung vitamin A.

5. Tiram

Selain untuk meningkatkan gairah seks, tiram juga ampuh Anda gunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan seng dalam tiram bisa membantu mengontrol hormon penyebab jerawat. Selain itu, seng juga membantu untuk meremajakan kulit dan menghilangkan jerawat di wajah Anda.

Selain mengonsumsi kelima makanan di atas, Anda juga disarankan untuk banyak meminum air putih. Minumlah air putih minimal 8 gelas per harinya untuk membantu tubuh menghilangkan racun dan menjaga kelembapan tubuh dari dalam. Jika Anda bosan dengan air putih, maka tambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon agar terasa lebih segar. Dengan begitu, jerawat di wajah Anda bisa segera teratasi dan mendapatkan kulit yang sehat. (NR)

Comment di sini