CiriCara: Cara Agar Kopling Mobil Lebih Awet

by
December 4th, 2012 at 4:41 pm

CiriCara.com – Kopling merupakan salah satu bagian terpenting dari mobil. Karena jika kopling rusak, mobil Anda bisa saja mengalami mogok di tengah jalan. Maka perhatikanlah cara menggunakan kopling mobil agar lebih awet.

Kopling berfungsi sebagai ‘perantara’ yang mendukung kerja transmisi terhadap tingkat kecepatan mobil bergerak. Kopling terdiri dari pilot bearing, clucth disc (piringan kopling), cover clutch (populer disebut matahari), dan release bearing.

Bagian kopling yang paling sering mengalami keausan (penipisan) adalah clutch disc. Jika ingin tetap awet, perhatikan cara-cara berikut ini:

1. Cek minyak kopling

Perhatikan jumlah minyak pada tandon minyak kopling. Pastikan jumlahnya tidak kurang dari batas minimum yang sudah ditentukan pihak pabrik. Jika ternyata kurang, Anda bisa menggantinya dengan minyak baru. Untuk lebih amannya, segera bawa ke bengkel untuk memastikan bahwa tidak ada yang bocor.

Gangguan: minyak kopling yang bermasalah bisa membuat pedal kopling terasa kosong jika diinjak. Kondisi ini bisa menyebabkan tidak bisa memindahkan gigi transmisi dan mobil dipastikan akan mogok.

2. Cara menginjak pedal kopling

Anda tidak boleh menginjak pedal kopling terlalu lama dan tidak boleh kasar, begitu juga saat melepasnya. Jika dilakukan dengan cara yang kasar, maka sentuhan pelat kopling akan terasa lebih keras, hal ini akan mempercepat keausan.

Jika Anda menginjak pedal kopling terlalu lama, hal ini juga bisa membuat pelat kopling jadi cepat aus. Karena saat Anda menginjak pedal kopling, maka pelat kopling akan mengalami gesekan. Jika terlalu lama, maka pelat kopling akan panas dan cepat aus.

Injak pedal setengah kopling dapat membuat kopling cepat aus. Jadi, lepas kopling jika sudah tidak dibutuhkan.

4. Netralkan transmisi saat berhenti

Saat berhenti karena lampu merah atau terjebak macet, ada baiknya menetralkan transmisi. Tujuannya, agar Anda tidak perlu lagi menginjak pedal kopling saat berhenti. Karena terlalu lama menginjak pedal kopling juga bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen kopling.

5. Hindari jalan berair dan berlumpur

Kebanyakan mobil mempunyai celah terbuka di bagian atas rangkaian koplingnya. Jika bagian tersebut kemasukan air atau lumpur, Anda harus segera membersihkannya. Karena air dan lumpur tersebut bisa menimbulkan gangguan fungsi kopling di mobil Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba agar kopling mobil Anda lebih awet. Sebelum berkendara, cek dahulu kondisi kendaraan Anda agar tidak bermasalah saat dalam perjalanan nanti.

(YG)

Comment di sini