CiriCara: Cara Alami Mengobati Gusi yang Bengkak

by
December 4th, 2012 at 10:21 am

CiriCara.com – Gusi yang bengkak disebabkan oleh peradangan gusi. Gusi yang bengkak juga dikarenakan adanya sisa-sisa makanan yang menempel dan menjadi plak di gigi. Jika Anda tidak saksama saat membersihkan gigi, maka di kemudian hari akan timbul radang gusi.

Gusi yang sedang bengkak akan terasa nyeri. Jika tidak segera Anda obati, maka pipi akan terlihat menggembung karena kondisi gusi yang membesar. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda menjadi tidak percaya diri untuk menjalani berbagai aktivitas. Untuk itu, segeralah Anda obati jika gusi sudah membengkak.

Tanpa harus pergi ke dokter, Anda bisa mengobatinya dengan cara alami. Dilansir Onlymyhealth.com, inilah 7 cara alami untuk mengobati gusi yang bengkak:

1. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit baik di gusi maupun tenggorokan. Anda bisa mencampurkan garam ke dalam air hangat. Cara ini bisa mengurangi rasa sakit untuk beberapa saat saja dan Anda harus berkumur lagi jika gusi kembali terasa sakit.

2. Gunakan obat kumur alami buatan sendiri

Anda bisa membuat obat kumur alami untuk mengobati sakit gusi. Caranya, dengan campuran hidrogen peroksida atau baking soda. Berkumur dengan bahan tersebut bisa mencegah sakit gusi. Anda bisa berkumur beberapa kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri dalam mulut.

3. Memijat gusi

Anda bisa mengobati sakit gusi dengan cara memijatnya. Pijatlah bgusi yang sakit dengan menggunakan jari telunjuk yang bersih. Dengan memberikan pijatan pada gusi, sirkulasi darah akan meningkat dan bisa membantu penyembuhan.

4. Menerapkan minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan obat-obatan tradisional yang sangat dikenal untuk mengobati infeksi gusi. Terapkan pada gusi yang bengkak dengan sedikit lada hitam untuk membantu meredakannya.

5. Minum air lebih banyak

Saat gusi senag sakit, Anda disarankan untuk meminum lebih banyak air agar mulut bisa memproduksi air liur lebih banyak. Selain berfungsi dalam hal pencernaan,, air liur dapat berfungsi membunuh bakteri dalam mulut. Untuk itu, sering-seringlah meminum air putih saat gusi sedang sakit.

6. Menyikat gigi secara teratur

Saat gusi sedang sakit, Anda juga harus tetap menyikat gigi. Pakailah sikat berbulu sedang untuk menyikat gigi secara teratur, 2 kali sehari. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut bisa meningkatkan kesehatan gusi.

7. Modifikasi diet

Perubahan dalam diet alami bisa menenangkan gusi, apalagi njika Anda mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur yang banyak mengandung vitamin C. Mengonsumsi makanan tersebut bisa membantu penyembuhan.

Bagaimanapun juga, gusi yang terasa sakit tentunya akan membuat diri Anda tidak merasa nyaman. Cegah rasa sakit pada gusi dengan menghindari makanan yang menempel pada gusi dan dapat membangun plak, seperti roti putih. (NR)

Comment di sini