CiriCara: Cara Ampuh Menghemat Baterai Tablet iPad dan Android

by
December 4th, 2012 at 11:01 am

CiriCara.com – Kemunculan komputer tablet beberapa tahun silam diprediksi akan mengurangi jumlah pengguna PC desktop dan laptop. Prediksi ini nampaknya memang akurant.

Survei Nielsen pada 2011 menemukan bahwa 35 persen pengguna PC desktop dan 33 persen pengguna laptop jarang atau berhenti menggunakan perangkat komputer tersebut setelah membeli tablet.

Saat ini, tablet yang paling banyak digunakan adalah iPad dan tablet ber-OS Android. Tablet memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan PC desktop atau laptop. Namun, tablet juga punya satu kelemahan, yakni daya tahan baterai.

Exiria

Pengguna tablet sering mengeluhkan baterai yang sering cepat habis atau tidak tahan lama. Untuk itu, CiriCara.com punya beberapa cara untuk menghemat baterai tablet iPad dan Android:

1. Kurangi kecerahan

Tablet berlayar cerah memang lebih menarik untuk dilihat dan digunakan. Namun, bila tablet terlalu cerah daya yang disimpan di dalam baterai akan lebih cepat terkuras. Cerahkan layar bila memang diperlukan, seperti ketika akan mengolah foto. Bila sekadar mengetik atau googling, kurangi kecerahan agar baterai lebih tahan lama.

2. Atur screen timeout

Seperti PC desktop dan laptop, layar tablet bisa dibuat mati bila tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini dikenal dengan nama Auto-Lock Interval di iPad. Kamu bisa mengatur layar laptop agar mati setelah tidak ada aktivitas dalam jangka waktu. Buatlah jangka waktu sependek mungkin agar layar langsung mati begitu tidak kamu gunakan.

3. Atur fitur autoupdate

Fitur autoupdate, ping, dan autosync memang berguna, namun dengan mengaktifkan fitur ini kamu harus selalu siap dengan charger di tangan karena daya baterai akan habis lebih cepat. Atur agar aplikasi bisa diperbarui secara manual. Begitu juga dengan fitur sinkronisasi media sosial seperti Facebook atau Twitter.

4. Matikan konektivitas

Matikan fitur konektivitas seperti Wi-Fi dan bluetooth ketika sedang tak digunakan. Sebaliknya, jika kamu menggunakan Wi-Fi, matikan koneksi 3G/4G. Ketika sedang menonton film, atur tablet ke mode pesawat terbang (airplane mode).

5. Tutup aplikasi

Ada aplikasi dan game yang masih bekerja walau kamu sedang tak menggunakannya. Biasanya aplikasi dan game seperti ini akan menguras daya tahan baterai. Oleh karena itu, cek apakah ada aplikasi dan game yang masih bekerja meski tidak sedang aktif di layar. Fitur GPS pun harus dimatikan bila kamu sedang tak memerlukannya.

6. Wallpaper hitam

Bila tablet yang kamu miliki punya layar organic LED, gunakan wallpaper berwarna hitam untuk mengurangi daya serap layar. Sayangnya, cara ini tak bisa berfungsi optimal jika digunakan pada tablet berlayar LCD karena layar LCD memerlukan cahaya statis di belakang layar.

Semoga cara ini berguna bagi kamu yang sedang kebingungan mencari cara bagaimana menghemat baterai tablet. Bila kamu sedang mencari tablet apa yang paling berkualitas, simak artikel perbandingan iPad 4 vs Nexus 10 ini.

(hp)

Comment di sini