CiriCara: Cara Membuat Mashed Potatoes with Cheese

CiriCara.com – Kentang biasanya sangat enak jika digoreng dan ditemani dengan beef atau cheese burger. Tapi, memakan camilan kentang goreng yang diberi taburan bumbu barbeque saja juga sudah terasa enak. Kentang memang sangat enak jika diolah apa saja, seperti direbus,  digoreng, dipanggang, atau dijadikan sayur.

Kentang memiliki banyak khasiat untuk tubuh, antara lain melancarkan fungsi pencernaan, mencegah batu ginjal, menurunkan tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Namun, berhati-hatilah jika Anda yang sedang menjalankan diet. Jangan berlebihan mengonsumsi kentang goreng karena bisa membuat diet Anda gagal.

Bagi Anda yang suka dengan kentang dan bosan mengolah kentang, ada salah satu resep yang bisa Anda coba, yaitu mashed potatoes with cheese. Makanan ini biasanya kita jumpai sebagai hidangan pendamping steak. Namun, Anda juga bisa membuatnya dirumah sebagai bahan camilan. Selain bahannya mudah didapat, proses pembuatannya juga praktis serta tidak memakan banyak waktu.

Resep Mashed Potatoes with Cheese

Bahan-bahan:

- 500 gram kentang

- 25 gram mentega

- 30 mili susu hangat

- 0,5 sendok teh garam

- 0,5 sendok teh merica bubuk

- 25 gram mentega (cairkan)

- 30 gram keju parut

Cara membuat:

1. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah mengupas kulit kentang. Setelah dikupas, Anda bisa mencucinya dan potong menjadi 4 bagian.

2. Setelah itu, Anda bisa merebusnya ke dalam air yang sudah ditaburi garam. Masak hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.

3. Setelah ditiriskan, Anda bisa menghaluskan kentang dengan menggunakan penghalus kentang. Buat hingga kentang itu menjadi sebuah adonan.

4. Tambahkan mentega, susu hangat, garam, dan merica bubuk. Setelah itu, aduk hingga adonan merata.

5. Tuang adonan dalam pinggan tahan panas yang telah diolesi margarin.

6. Setelah adonan tertuang semua, siram dengan mentega cair, lalu taburi perutan keju.

7. Terakhir, panggang adonan tersebut dengan api kecil hinnga berwarna kuning kecokelatan. 

8. Setelah berubah warna, angkat dan sajikan bersama keluarga.

Resep olahan kentang ini atau mashed potatoes with cheese bisa disajikan untuk 4 porsi saja. Makanan yang satu ini sangat enak jika dimakan selagi hangat.

Jika Anda penasaran ingin membuatnya, maka simak cuplikan video berikut ini:

Bagaimana, Anda tertarik untuk membuatnya? (NR)


comments powered by Disqus