Parodi Rhoma-Aceng 2014 Gemparkan Dunia Maya

by
December 4th, 2012 at 2:09 pm

CiriCara.com – Politik tampaknya bukan hal yang selalu tabu dan serius bagi warga Indonesia. Kini para politikus dan tokoh masyarakat bahkan bisa dijadikan bahan candaan untuk sekedar melepaskan kekesalan dan juga aspirasi yang tidak tersampaikan.

Fenomena maraknya jejaring sosial menjadi arena tersendiri untuk menyalurkan pendapat dan uneg-uneg terhadap para petinggi dan publik figur. Lihat saja ketika Rhoma Irama maju mencalonkan diri jadi Capres 2014, masyarakat gempar dan membuat berbagai parodi tentang dirinya di dunia maya.

Kini, saat kabar tentang Bupati Garut, Aceng Fikri yang menikah kilat dengan gadis 18 tahun mencuat, masyarakat kembali membuat parodi tentang dirinya. Bahkan parodi sengaja dikaitkan dengan keputusan Rhoma Irama untuk maju sebagai Capres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 nanti.

Facebook

Dilansir dari Merdeka.com, foto parodi Rhoma Irama dan Aceng Fikri di atas marak beredar di dunia maya khususnya situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Di bawah foto hasil manipulasi itu terdapat tulisan “RHOCENG 2014″. Kenapa Rhoma Irama bisa disandingkan dengan Aceng Fikri dalam foto itu?

Effendy Gazali, pakar komunikasi menuturkan bahwa foto parodi ini adalah bukti penolakan terhadap Rhoma Irama yang akan mencalonkan diri dalam Pilpres 2014 mendatang.

Menurutnya, bentuk penolakan ini berasal dari kelompok menengah ke atas karena rata-rata pengguna jejaring sosial adalah kelompok ini. Masyarakat bisa jadi telah menganggap kedua publik figur tersebut memiliki karakteristik dan track record yang sama lalu menolaknya dalam bentuk parodi.

Selain gambar, parodi juga muncul dari status sejumlah pengguna jejaring sosial Twitter. Mereka memparodikan Rhoma dan Aceng sebagai Capres dan Cawapres 2014.

Twitter/@Fey777

Twitter/@Tofanz

Twitter/@elrivany

Twitter/@lekaputra

Dari rangkaian parodi tersebut terlihat bahwa sebagian besar masyarakat pengguna Twitter menolak eksistensi Rhoma Irama dan Aceng Fikri dalam dunia politik Indonesia. Jika saja parodi ini benar-benar menjadi kenyataan, tentunya akan terjadi reaksi yang lebih ekstrim.

Apakah Rhoma Irama dan Aceng Fikri, sang Bupati Garut, bisa terpilih menjadi kandidat Capres dan Cawapres dari salah satu partai dalam Pilpres 2014 nanti? Silakan masyarakat yang menentukan. (RN)

Comment di sini