SBY Juga Pantau Kasus Bupati Garut

by
December 4th, 2012 at 9:51 am

Garut (CiriCara.com) – Meski sangat sibuk, ternyata Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono masih sempat ikut mengamati kasus pernikahan kontroversial Bupati Garut, Aceng Fikri dengan Fani Oktora.

Gamawan Fauzi yang juga Menteri Dalam Negeri RI, membenarkan bahwa Presiden RI ikut peduli polemik yang menimpa Bupati Garut itu. Ia bahkan diminta langsung oleh Presiden untuk mencermati kasus Aceng.

“Beliau meminta saya mencermati soal ini. Karena itu, saya kirim tim ke sana,” kata Gamawan Fauzi di Kantor Presiden, Senin 3 Desember 2012 seperti dikutip Tempo.co.

The Jakarta Post

Gamawan mengaku baru tahu masalah Bupati Garut yang menikah kilat ini setelah ramai diberitakan media pekan lalu walau kejadian pernikahan singkat yang berakhir dengan perceraian itu sudah terjadi sejak lima bulan silam.

Sedangkan juru bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha juga membenarkan bahwa ramainya pemberitaan di media massa tentang pernikahan singkat Aceng memang telah menarik perhatian Presiden secara khusus.

“Presiden tidak mencampuri soal ini, itu ranah privat ya, masyarakat mempunyai persepsi dan penilaian terhadap suatu hal yang berkaitan dengan pimpinan atau pejabat publik. Jadi oleh karena itu kemudian menjadi suatu berita yang berkembang di masyarakat,” ujar Julian, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 3 Desember 2012 seperti dikutip Inilah.com.

Sebelum ramai diberitakan di media, Fani Oktora sebagai mantan istri siri Bupati Garut yang diceraikan hanya dalam waktu empat hari telah melaporkan tindakan Aceng ke lembaga perlindungan perempuan pada akhir November 2012.

Pernikahan Aceng dan Fani hanya berlangsung selama empat hari mulai tanggal 16 Juli 2012 dan berakir pada tanggal 19 Juli 2012. Ulah Aceng menikahi Fani yang baru saja lulus dari SMA lalu menceraikannya dianggap telah melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Aceng juga dinilai telah melanggar Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang perdagangan orang karena menjanjikan imbalan dan uang agar Fani mau menikah dengannya. Aceng telah dilaporkan secara resmi ke Mabes Polri oleh Fani pada Senin, 3 Desember 2012 kemarin. (RN)

Comment di sini