Temuan Unik: Karton Ajaib Perebus Telur

by
December 4th, 2012 at 2:57 pm

CiriCara.comTelur selalu menjadi bahan makanan pokok, tapi juga tidak kalah pentingnya sebagai bahan makanan alternatif.

Sebagian besar orang pasti selalu sedia telur di rumahnya. Tujuannya supaya mudah jika sewaktu-waktu kehabisan sayur matang, atau butuh bahan pelengkap untuk masakan.

Telur pun dapat disajikan dengan berbagai cara pengolahan, seperti telur dadar, telur ceplok, ataupun telur rebus.

Bagi kamu yang suka makan telur rebus ataupun setengah matang, tapi tidak bisa mengolahnya sendiri, kini ada temuan baru dari para peneliti Rusia yang mungkin sangat membantu kamu dalam merebus telur.

BNPS/Daily Mail

Temuan baru tersebut diberi nama Gogol Mogol. Ini adalah sebuah karton ajaib menyerupai bentuk dan ukuran sebutir telur yang bisa merebus telur dengan sendirinya.

Dengan kata lain, jika kamu ingin menyantap telur rebus dengan tingkat kematangan yang sesuai dengan seleramu, maka Gogol Mogol sangat bermanfaat untukmu.

Karton ajaib ini ditemukan penemu Rusia yang diketahui bernama Kian, sedangkan Gogol Mogol itu didesain oleh Evgeny Morgalev.

BNPS/Daily Mail

Karton ini terdiri dari beberapa lapisan, di antaranya: lapisan paling luar terbuat dari karton biasa, yang sering digunakan untuk kemasan telur di supermarket.

Lapisan kedua berisi kalsium hidroksida dan beberapa zat kimia lainnya yang dapat membantu proses pematangan telur tersebut.

Dan lapisan yang ketiga berisi air yang berjasa untuk membuat titik didih bagi telur tersebut. Lapisan yang berisi air tersebut ialah Smart Layer.

Di antara lapisan kedua dan ketiga diletakkan sebuah lapisan pembatas (membrane) yang berfungsi sebagai sekat antara kandungan air dan zat-zat kimia dalam lapisan kedua.

Bagaimana cara kerja karton ajaib tersebut?

Pada dasarnya teknologi yang digunakan pada karton ini tidak jauh berbeda dengan teknologi yang diterapkan pada alat pemanas makanan kalengan yang sering digunakan orang saat berkemah. Namun, penemuan unik ini adalah temuan pertama yang berhasil menerapkan penggunaan kimia panas, atau yang dikenal dengan istilah reaksi eksotermis.

Untuk merebus telur dengan Gogol Mogol ini sangat sederhana, kamu cukup menarik membrane yang terdapat di sisi Gogol Mogol tersebut, setelah sebutir telur dimasukkan ke dalamnya.

Telur yang dimasukkan ke dalam Gogol Mogol ini membutuhkan waktu sekitar 2 menit dalam proses pemanasan yang sebenarnya bisa berlangsung 3 menit.

Telur setengah matang setelah 2 menit/BNPS/Daily Mail

Jika kamu menginginkan telur dalam keadaan setengah matang, maka setelah 2 menit, kamu dapat membuka bagian atas Gogol Mogol dengan cara memutarnya.

Sebaliknya, jika kamu inginkan telur rebus yang matang sempurna, maka tunggulah hingga 3 menit, lalu buka penutupnya, dan telur rebus lezat pun siap disantap.

Sayangnya, Gogol Mogol ini adalah karton ajaib perebus telur sekali pakai. Jadi kamu tidak dapat menggunakannya untuk merebus telur kedua ataupun ketiga.

Setelah sekali pakai, karton ajaib tersebut harus dibuang. Akan tetapi tidak perlu khawatir, bahan yang digunakan Gogol Mogol adalah bahan yang mudah untuk didaur ulang sehingga tidak menambah limbah rumah tangga.

Bagaimana, temuan yang sangat inovatif sekali, bukan? Kamu tertarik untuk mencobanya? (yk)

Daily Mail

Comment di sini