Video: China Akan Dirikan Gedung Tertinggi di Dunia dalam 3 Bulan?

by
December 4th, 2012 at 11:59 am

Changsha (CiriCara.com)Negara Republik Rakyat China dikabarkan akan membangun gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

Broad/Daily Mail

Gedung tersebut akan dinamai Sky City, dengan ketinggian yang mencapai 838 meter. Para teknisi yang mengambil bagian dalam proyek besar ini mengatakan bahwa gedung pencakar langit itu akan rampung hanya dalam waktu 90 hari pembangunan atau 3 bulan saja.

Jika Sky City dengan 220 lantai dapat terealisasi, maka keberadaannya nanti akan menyingkirkan Burj Khalifa milik Dubai dengan 163 lantai, yang sekarang memegang julukan sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia, dengan ketinggiannya 828 meter.

Waktu pembangunan gedung pencakar langit ini memang terbilang sangat cepat dan hampir mustahil untuk dilakukan. Tetapi, perusahaan pembangunan mengatakan proyek ini bukanlah sekadar gurauan, gedung pencakar langit tersebut sudah siap untuk dibangun, dan targetnya setiap hari para pekerja harus menyelesaikan 5 lantai dari gedung tersebut.

Rupanya, Sky City ini dirancang oleh perusahaan kontraktor ternama di China, yang juga merancang Burj Khalifa, dan berhasil membangun sebuah hotel 30 lantai hanya dalam waktu 15 hari pembangunan.

Perusahaan yang merancang itu adalah Broad Sustainable Building. Mereka akan menggunakan metode prefabricated modular technology, yaitu sebuah modular teknologi prefabrikasi yang sudah dikembangkan dengan luar biasa oleh perusahaan tersebut.

Entah bagaimana cara pembangunan yang akan dilakukan oleh kontraktor tersebut, tapi yang pasti bangunan gedung pencakar langit yang ditargetkan selesai pada akhir bulan Maret 2013 ini, membutuhkan 220.000 ton baja.

Nantinya, 83% dari bangunan ini akan digunakan untuk tempat tinggal, sisanya akan dimanfaatkan untuk sekolah, perkantoran, rumah sakit, pertokoan, dan restoran.

Hal yang tidak kalah menakjubkannya lagi, gedung pencakar langit ini akan didesain untuk tahan gempa hingga kekuatan 9 SR.

Kita tunggu bagaimana hasil akhir dari gedung pencakar langit Sky City milik China ini.

Berikut adalah video time lapse proyek hotel yang dikerjakan oleh Board Sustainable Building hanya dalam 15 hari.

(yk)

Gizmodo

Comment di sini