Bupati Garut Diduga Terlibat 7 Kasus Korupsi

by
December 5th, 2012 at 11:08 am

Garut (CiriCara.com) – Selain kasus nikah kilat yang hanya berlangsung selama empat hari dengan gadis muda, Bupati Garut, Aceng Fikri juga dinilai terlibat dalam kasus korupsi di daerahnya.

Garut Governance Watch, penggiat antikorupsi di daerah Garut menuding Aceng HM Fikri terkait dengan tujuh kasus korupsi di jajaran Pemerintah Garut. Ketujuh kasus korupsi ini telah dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Garut pada pertengahan tahun 2011.

Dilansir dari Tempo.co, Agus Rustandi, Sekretaris Jenderal LSM Garut Governance Watch mengatakan bahwa hanya satu kasus korupsi yang ditangani oleh Kejaksaan.

LSM yang berorientasi di daerah Kabupaten Garut ini mencurigai keterkaitan Bupati Garut dalam pemenangan sejumlah perusahaan dalam tujuh proyek. Diduga perusahaan-perusahaan itu menang lewat lelang yang tidak sesuai dengan Peraturan Presiden (PP) tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Selaku penanggung jawab, Bupati Aceng Fikri diduga mengetahui rencana ini tetapi tetap membiarkannya. LSM menduga perusahaan-perusahaan ini adalah rekanan atau kroni dari Bupati Aceng sendiri.

Agus memberi contoh tentang kasus pengadaan alat tulis kantor yang telah dimenangi oleh perusahaan tertentu. Setelah ditelusuri, proyek ini ternyata fiktif. Uang proyek itu diduga telah dialihkan untuk biaya pengamanan Bupati Aceng.

Menanggapi tuduhan korupsi ini, Aceng Fikri belum memberi kepastian sampai saat ini. Ia sedang sibuk dihadapkan dengan kasus utamanya tentang pernikahan kilat yang dinilai telah mencemarkan nama Garut dan melecehkan kaum wanita

Tuduhan korupsi mungkin layak dilayangkan kepada Bupati Garut yang sedang tersandung masalah ini mengingat betapa cepatnya ia memperoleh rumah mewah, mobil mewah, dan membiayai pernikahan sirinya dengan Fani yang disebutnya telah mencapai Rp. 250 juta.

“Saya sudah keluar uang hampir habis Rp 250 juta, hanya nidurin satu malam. Nidurin artis saja tidak harga segitu,” katanya kepada Detik.com, Sabtu, 1 Desember 2012.

Terkait benar atau tidaknya dugaan korupsi ini, yang pasti Aceng Fikri terancam terkena 4 pasal berlapis karena perlakuannya terhadap Fani Oktora, mantan istrinya. (RN)

Comment di sini