CiriCara: Cara Memilih Tablet Android yang Murah

by
December 5th, 2012 at 1:11 pm

CiriCara.com – Saat ini sudah banyak sekali merek yang menawarkan tablet Android dengan harga yang murah. Namun, tidak semua barang yang murah itu berkualitas meriah. Agar Anda tidak begitu kecewa, perhatikan dulu cara memilihnya.

Harga yang murah sering diidentikan dengan kualitas yang kurang baik. Namun, ada beberapa tablet murah yang mempunyai kualitas lumayan bagus. Anda bisa mendapatkan tablet ini jika tahu cara memilihnya.

Berikut cara memilih tablet Android yang murah:

1. Tampilan dari tablet

Sebelum membeli, ada baiknya Anda mengecek dahulu tampilan (display) dari tablet tersebut. Cek sensitivitas layar ketika disentuh, apakah peka terhadap sentuhan atau tidak. Jika setiap sentuhan atau sapuan jari direspon dengan lambat, lebih baik cari tablet yang lain.

2. Resolusi layar

Layar adalah bagian penting dari tablet agar nyaman dipandang mata. Usahakan untuk mencari tablet dengan resolusi layar minimal 1.024 x 768 agar tampilan gambar terlihat jelas. Resolusi layar yang kecil hanya akan membuat mata Anda tidak nyaman saat menggunakan tablet ini. Lihat dengan teliti resolusi layar yang tertera pada kertas spesifikasinya.

3. Kemampuan prosesor

Usahakan untuk membeli tablet dengan kemampuan prosesor minimal 1 GHz. Tujuannya agar tablet yang Anda beli ini bisa menjalankan semua aplikasi Android. Jika performa prosesornya kurangdari 1 GHz, lebih baik jangan dibeli. Karena hal ini akan membuat kinerja tablet jadi lambat dan tersendat.

4. Memiliki menu update

Agar tablet Anda bisa mengikuti perkembangan sistem operasi, ada baiknya pilih tablet yang mempunyai ketersediaan update software di masa mendatang. Ini akan memudahkan Anda untuk mengunduh program versi terbaru yang sudah tersedia.

5. Pilihan koneksi

Banyak tablet yang mulai meniadakan fitur koneksi 3G operator dan hanya menyediakan WiFi, begitu juga sebaliknya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, sinyal 3G operator atau WiFi. Kalau ada, akan lebih baik lagi jika memilih tablet yang menyediakan dua koneksi.

Itulah beberapa cara memilih tablet Android murah namun tidak murahan. Dengan melihat spesifikasinya, Anda akan lebih tahu kualitas dari tablet yang akan dibeli.

(YG)